Scroll to Top

AMD Hawaii: Kartu Grafis Terbaru Bocor, Ini Spesifikasinya

By Ditya / Published on Saturday, 21 Sep 2013

AMD Radeon Hawaii

Advanced Micro Device atau AMD dikabarkan akan memperkenalkan kartu grafis baru yang menggunakan nama sandi Hawaii pada 25 September 2013 mendatang. Baru-baru ini muncul bocoran yang menunjukkan spesifikasi kartu grafis AMD Hawaii, penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Persaingan pasar kartu grafis PC semakin ketat setelah Nvidia meluncurkan kartu grafis kelas atas yang sampai saat ini belum bisa ditandingi oleh AMD, yakni GeForce Titan. Kini AMD telah mempersiapkan senjata untuk merebut kembali pasar grafis kelas atas dengan menyiapkan kartu grafis generasi baru dengan nama sandi Hawaii.

Apa yang ditawarkan oleh kartu grafis AMD Hawaii ini? Berdasarkan informasi yang bersumber dari 3DCenter, AMD Hawaii ini akan mengusung 2.816 stream prosesor yang terbagi dalam 44 cluster, sehingga masing-masing cluster terdapat 64 stream prosesor.

Chip grafis AMD Hawaii ini kemungkinan akan ditandemkan dengan 176TMUs atau Texture Unit dan 32 atau 48 ROPs. Chip AMD Hawaii ini akan dibuat dengan teknologi proses 28nm yang diproduksi oleh TSMC. Kartu grafis AMD Hawaii ini juga menggunakan arsitektur terbaru AMD, yakni GCN 2.0.

Tak hanya itu, chip pengolah grafis AMD Hawaii ini telah dilengkapi dukungan terhadap standar DirectX 11.2 dengan kecepatan clock GPU (Graphics Processing Unit) 900MHz yang ditandemkan dengan antarmuka memori dengan lebar 384-bit dan menggunakan memori GDDR5.

berdasarkan laporan terbaru yang telah beredar, kelas tertinggi kartu grafis AMD Hawaii ini akan menggunakan nama R9 290X yang memiliki kinerja di antara GeForce Titan dan GeForce GTX 690. Tentu kehadiran AMD Hawaii ini adalah ancaman serius bagi Nvidia.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (20/09/2013), keluarga chip grafis AMD Hawaii kabarnya akan mulai dijual ke pasar pada pertengahan atau akhir bulan Oktober 2013 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda