Scroll to Top

9 Makanan yang Sebaiknya Jangan Dimakan Malam Hari

By C Novita / Published on Saturday, 21 Sep 2013

makan malam

Sebagian besar orang pasti pernah bangun di tengah malam karena merasa lapar. Biasanya sebelum perut kenyang, mata akan sulit dipejamkan kembali. Itu yang memicu banyak orang mengonsumsi apa saja yang mereka temukan di dapur.

Padahal, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi pada saat tersebut, karena tak sehat dan dapat memicu berbagai penyakit.

Apa saja jenis makanan yang sebaiknya dihindari pada waktu malam? Boldsky melansirnya seperti berikut ini:

  • Gorengan. Gorengan mengandung banyak lemak, serta sulit dicerna. Mengonsumsinya di malam hari bisa menimbulkan efek sembelit, penumpukan kolesterol, dan menambah tumpukan lemak Anda.
  • Pasta. Pasta memiliki kandungan karbohidrat dan lemak tinggi, sehingga menimbulkan efek tak nyaman di perut bila dikonsumsi pada tengah malam.
  • Minuman soda. Walau terasa segar, akan tetapi minuman bersoda banyak memiliki kandungan zat kimia yang tak sehat dikonsumsi.
  • Kopi/teh. Minuman ini mengandung kafein yang malah akan menyebabkan Anda tak bisa tidur lagi.
  • Es krim. Kandungan gula dan kalori dalam es krim tinggi, sehingga bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat tajam, tapi turun dengan tajam pula. Akibatnya, resiko Anda terkena diabetes menjadi tinggi.
  • Roti. Roti punya kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi. Butuh waktu lama mencerna roti, dan itu akan membuat Anda merasa tak nyaman saat tidur. Konsumsi roti pada waktu sarapan lebih baik ketimbang malam hari.
  • Makanan pedas. Makanan dengan rasa bumbu yang kuat seperti pedas, rempah-rempah, dan bumbu lainnya akan memicu asam lambung Anda meningkat di malam hari.
  • Daging merah. Protein dan lemak pada daging akan membuat pencernaan bekerja lebih keras, padahal malam hari bukan saat yang tepat untuk itu.
  • Mie instan. Baiklah, ini memang makanan yang banyak dikonsumsi orang pada malam hari, karena praktis dan enak. Namun baiknya dihindari sebab akan membuat berat badan Anda bertambah dengan signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda