Scroll to Top

Jumlah Pengguna FB di Indonesia Capai 65 Juta

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 21 Sep 2013

Facebook

Jumlah pengguna FB di Indonesia mencapai angka 65 juta. Ini berarti dari 240 juta (2012) jiwa jumlah penduduk bangsa ini lebih dari 30 persen diantaranya mengakses Facebook saban harinya.

Dari 65 juta jumlah pengakses harian via web itu tercatat ada 33 juta pengguna yang mengakses via mobile. Dari data ini bisa disimpulkan jika market Facebook untuk Indonesia cukup besar dimata pengiklan.

Mereka gunakan data jumlah pengguna aktif per bulan atau pengguna terdaftar untuk menentukan segmen pasar. Cara ini memang umum digunakan untuk melihat bagaimana potensi iklan digital.

Dari pola yang ada bisa dipetakan siapa yang mengakses rutin harian dan pengguna yang kembali mencek Facebook setidaknya dalam sehari. Ibarat ‘rumah’, Facebook seakan jadi ‘rumah baru’ bagi netizen.

Berikut data pengguna Facebook di Indonesia:

  • Pengguna aktif per bulan 65 juta.
  • Pengguna aktif per hari 33 juta.
  • Pengguna aktif per bulan melalui mobile 55 juta.
  • Pengguna aktif per hari melalui mobile 28 juta.

Dari data di atas pengiklan bisa dengan mudah untuk menentukan kampanye iklan yang menyasar ke pengguna mobile maupun web. Pola iklan lama pun mulai ditinggalkan dengan menyasar ke kalangan pengguna dengan pelbagai latar belakang.

Facebook pun melihat potensi ini dengan sigap menyiapkan bentuk pola iklan baru yang berbeda daripada sebelumnya. Salah satunya yakni iklan video 15 detik yang hingga kini urung diaplikasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda