Scroll to Top

Pasangan Cenderung Punya Wajah Mirip

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 21 Sep 2013

mirip

Banyak pendapat yang berkembang di masyarakat, pasangan biasanya memiliki wajah yang saling mirip satu sama lain. Pendapat ini ternyata ada benarnya. Sebuah studi yang dilakukan Universitas Yale di Amerika Serikat menemukan, fenomena kemiripan di antara pasangan ini makin tampak setelah mereka bersama-sama menjalani kehidupan.

Studi melibatkan pengumpulan foto-foto dari pasangan yang sudah menjalani hidup bersama selama 25 tahun atau lebih. Peneliti menganalisa foto pasangan sebelum mereka menikah, pada tahap awal menikah, dan foto  saat ini. Dari situ didapatkan kesimpulan bahwa pasangan yang telah hidup bersama cenderung memiliki penampilan wajah yang mirip.

Dari situ peneliti juga menemukan, pasangan akan saling mempengaruhi. Walhasil kemiripan tidak hanya terjadi pada sisi fisik, namun juga melebar pada sikap. Misalnya, saat istri memutuskan untuk berhenti merokok atau minum alkohol, maka suami punya kecenderungan lima kali lebih mungkin untuk menolak rokok dan alkohol. Hanya saja, kemiripan sikap ini mungkin lebih diketahui masing-masing pasangan dibanding kemiripan mereka secara fisik.

Peneliti menduga kemiripan dalam berbagai hal bisa saja terjadi pada pasangan jika mereka saling mempengaruhi. Oleh karena itu, jika kemiripan-kemiripan ini menyertai kehidupan para pasangan, dimungkinkan hubungan mereka lebih awet dibandingkan yang hidup penuh perbedaan. Dan, kemiripan pada wajah dan sikap ini terjadi secara alami dalam hidup. Pasangan tidak menyadari hal tersebut sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda