Scroll to Top

Makan Coklat Berlebihan Berbahaya Bagi Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Sep 2013

makan coklat

Banyak studi menyatakan coklat hitam sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa efeknya adalah menjaga kesehatan jantung, memperbaiki mood, hingga mencegah kanker dengan antioksidannya yang tinggi. Namun tahukah Anda? Coklat menjadi sesuatu yang berbahaya kalau takaran yang dimakan melebihi toleransi dari tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya seseorang makan coklat sewajarnya saja.

Dikutip dari Genius Beauty, ada beberapa hal yang membuat coklat tidak cocok dimakan semua orang atau tidak baik dikonsumsi berlebihan. Buat Anda yang memiliki kerja pencernaan yang lemah dan lambat, makan coklat akan menjadi musuh. Pasalnya, coklat terbuat dari kakao yang sulit dicerna oleh tubuh. Untuk mencernanya, tubuh perlu memproduksi enzim khusus. Sehingga, jika Anda makan banyak coklat namun tubuh tidak mampu mengimbangi produksi enzim khusus tersebut, mungkin ada efek samping yang dialami.

Sementara itu, coklat juga dikenal bisa menurunkan tingkat stres bahkan depresi. Hanya saja, jika Anda makan coklat secara berlebihan, justru akan memicu proses peradangan di dalam tubuh. Makan coklat memang akan merangsang tubuh mengeluarkan hormon serotonin yang berkontribusi pada perbaikan mood. Namun, kadar serotonin yang terlalu tinggi dapat menjadi sebab hadirnya peradangan pada tubuh. Peradangan ini kemungkinan terjadi di daerah perut dan usus.

Masih terkait dengan depresi, kelebihan serotonin akibat banyak makan coklat justru menimbulka efek yang berlawanan. Serotonin menjadikan seseorang menjadi cemas, gelisah, mengalami stimulasi berlebihan, dan mudah marah.

Sementara itu, makan coklat bukan jalan yang tepat untuk mengobati depresi kronis. Kondisi demikian lebih baik langsung mengonsultasikannya bersama dokter spesialis. Penggunaan coklat menjadi tidak aman karena dapat merangsang seseorang makin depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda