Scroll to Top

5 Penyebab Utama Penyakit Jantung

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Sep 2013

hipertensi

Serangan jantung bisa datang tiba-tiba. Rata-rata penyakit ini muncul dari berbagai penyebab yang sejak lama bisa dideteksi. Dikutip dari Genius Beauty, inilah lima penyebab umum penyakit jantung:

  1. Tekanan darah tinggi. Hipertensi menyumbang risiko terhadap serangan jantung dan bahkan menjadi musuh utama bagi jantung. Tekanan darah yang kuat  yang berpadu dengan banyaknya plak di dalam pembuluh darah, meningkatkan risiko serangan. Bila Anda memiliki hipertensi, sebaiknya kontrol jantung Anda setahun tiga kali.
  2. Kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi sejalan dengan meningkatnya tekanan darah. Kolesterol memicu pembentukan plak di pembuluh darah. Plak membuat pasokan darah yang kaya nutrisi bagi jantung terhambat. Akibatnya jantung menjadi “lapar” dan memicu serangan. Jaga kolesterol Anda dan selalu lakukan pengecekan kadarnya secara rutin.
  3. Usia dan jenis kelamin. Penyakit jantung kerap menemui orang yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Dilihat dari sisi jenis kelamin, penyakit jantung lebih sering ditemui pada pria ketimbang wanita. Bila sudah memasuki usia ini sebaiknya pengecekan kondisi jantung dilakukan setahun sekali.
  4. Penyakit kronis dan faktor genetik. Penyakit jantung juga bisa muncul dari penyakit ain. Contohnya adalah diabetes dan obesitas. Penyakit jantung dapat pula muncul karena faktor keturunan, sehingga kehadirannya tidak dapat ditolak.
  5. Gaya hidup yang salah. Cara menyikapi kehidupan dengan gaya hidup tidak sehat berkontribusi pada penyakit jantung. Merokok, minum alkohol, kurang dalam beraktivitas fisik, suka makan gorengan adalah beberapa contoh di antaranya. Lakukan gaya hidup sehat untuk meminimalkan kondisi jantung dalam kondisi buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda