Scroll to Top

Pajangan Dinding Ini Hasil dari Mobil yang Digencet

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 22 Sep 2013

mobil

Koleksi mobil tidak hanya bisa dilakukan dengan membelinya dalam kondisi utuh. Seperti halnya yang dilakukan Ron Arad, desainer dari Israel, justru mengoleksi mobil dari jenis yang sudah tidak terpakai dan keadaannya pipih karena digencet.

Unik yang dilakukan Arad ini. Dia menjadikan mobil bekas yang telah dihancurkan sebagai sebuah karya seni bak lukisan. Mobil yang digencet telah dipisahkan dari mesin, kursi, dan ban sebelumnya. Setelah rangka mobil digencet, bentuknya seperti sandwich logan dengan ukuran tebal rata-rata 12 centimeter. Arad memajangnya di Museum holon Design, Tel Aviv, Israel.

Tidak sembarangan dalam melakukan pres pada mobil. Arad sudah memiliki konsep hasil akhir yang diinginkannya. Sehingga, hasilnya ada yang tampak seakan  terlihat dari atas atau bawah.

Tercatat ada enam Fiat 500s yang telah diratakan bentuknya. Perataan ini dilakukan pada industri pengepresan di sebuah galangan kapal di Groningen, Belanda. Bagi Arad yang dilakukannya ini bukan merusakkan mobil, tetapi lebih pada mengabadikannya dalam bentuk lain. Sekalipun sudah menjadi pipih, orang mungkin bisa dengan mudah menebak tipe mobil tersebut sebelum dihancurkan.

Biasanya alat pengepres dipakai untuk membentuk bagian-bagian kapal. Penerapan pada mobil ini menjadi sesuatu yang tidak biasa di tempat galangan kapal. Untuk melihat lebih jauh karya mobil pres dari Arad, simak foto-foto berikut ini.

mobil

mobil

mobil

mobil

mobil

mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda