Scroll to Top

Manfaat Anggur Merah dan Bluberi Untuk Imunitas

By C Novita / Published on Sunday, 22 Sep 2013

anggur merah

Pernahkah Anda merasa tubuh menjadi lemas, dan penyakit seakan mudah sekali menyerang? Itu pertanda bahwa sistem pertahanan tubuh atau imunitas Anda sedang lemah.

Apabila sistem imunitas tubuh yang dimiliki oleh seseorang lemah, maka biasanya ia akan mudah sekali terserang penyakit yang ditularkan oleh virus. Karena itu amat penting bagi kita untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, yaitu anggur merah dan bluberi. Ini adalah hasil penelitian sebuah tim dari Oregon State University, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut menemukan bahwa kedua macam buah itu sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh bila dikonsumsi secara teratur. Rahasianya terdapat pada kandungan senyawa di dalam keduanya.

Nama senyawanya adalah resveratrol (polifenol) pada anggur merah, serta pterostilbene dalam bluberi.

Kedua senyawa itu akan sangat baik untuk sistem imunitas tubuh bila bersinergi dengan vitamin D. Ia akan membuat produksi gen CAMP (cathelicidin antimicrobial peptide) meningkat. Hasilnya, ketahanan tubuh pun menjadi makin baik menghadapi penyakit.

Selain untuk fungsi imunitas tubuh manusia, ternyata diketahui bahwa resveratrol juga mempunyai khasiat lain yang juga tak kalah dahsyat. Diantaranya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko penyakit kanker. Juga menghambat terjadinya peradangan dalam tubuh manusia.

Nah, mengingat besarnya manfaat yang bisa didapat dari buah anggur merah dan bluberi, mengapa Anda tak mengkonsumsinya secara teratur mulai saat ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda