Scroll to Top

Google Scholar: Mesin Pencari Khusus Materi Pendidikan

By Ditya / Published on Monday, 23 Sep 2013
Google Scholar
Tampilan Google Scholar

Google Scholar mungkin terdengar asing bagi pengguna internet karena pamornya memang tak sepopuler Google Search atau Wikipedia. Lalu apa sebenarnya Google Scholar ini? Apa Fungsinya? Google Scholar atau Google Cendekia adalah mesin pencari khusus untuk materi pendidikan, penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Sering kali kita menggunakan Google Search atau Wikipedia untuk mendapatkan materi kuliah atau sekolah. Namun, hasil pencarian dari Google Search banyak yang mengarah pada blog yang dinilai kurang relavan. Sementara itu, Wikipedia juga kadang dianggap sebagai sumber yang kurang bisa dipertanggung jawabkan, lalu bagaimana solusinya? Gunakan Google Scholar.

Google Scholar adalah mesin pencari yang dibuat oleh Google untuk menangani pencarian materi pendidikan yang didalamnya termasuk paper, skripsi, tesis, tugas akhir, makalah, jurnal, pendapat hukum, dan banyak lagi.

Salah satu kelebihan Google Scholar adalah penggunaan situs-situs resmi universitas atau lembaga pendidikan untuk menampilkan materi pendidikan, makalah, dan laporan ilmiah lainnya sehingga isinya lebih relevan dan dapat dipertanggungjawabkan.

hasil pencarian
Hasil Pencarian Google Scholar

Google Scholar dapat diakses di alamat scholar.google.com. Secara umum, tampilan situs Google Scholar ini tak jauh berbeda dengan Google Search, hanya saja terdapat tulisan “scholar” dibawah logo Google.

Hasil pencarian Google Scholar ini mewarisi kemampuan Google Search dalam melakukan pencarian materi pendidikan, paper, tesis, karya ilmiah, dan sebagainya dengan hasil yang cukup relevan, serta sumber-sumber yang ditampilkan juga cukup terpercaya.

Sidomi mencoba melakukan pengujian dengan memasukkan kata kunci metode AHP (Analytical Hierarcy Process) yang merupakan sebuah metode yang digunakan pada sistem pendukung keputusan. Hasilnya? Google Scholar mampu menampilkan hasil pencarian yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda