timnas indonesia juara aff cup u19

Keberhasilan Timnas Indonesia U19 meraih gelar juara AFF Cup U19 2013 disambut gembira oleh banyak pihak, tidak terkecuali PSSI yang merasa sangat berbahagia. Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen Timnas Indonesia U19 atas prestasi yang berhasil diraih.

“Terima kasih pada para pemain dan pelatih. Mereka telah menggembirakan bangsa ini, khususnya keluarga dan orangtua mereka. Para pemain dan pelatih ini adalah pejuang-pejuang bangsa,” ucap Djohar Arifin Husin setelah laga berakhir.

Berlaga di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (22/9/2013) malam, dalam partai final Piala AFF U19 2013, Evan Dimas dan kawan-kawan tampil heroik melawan Vietnam. Pertandingan dilalui dengan sangat melelahkan karena hingga 90 menit waktu normal belum ada gol yang tercipta.

Alhasil, laga pun dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2 x 15 menit, namun kedudukan masih sama kuat 0-0 sehingga harus dilakukan adu penalti. Akhirnya, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 7-6 melalui pertarungan tendangan penalti yang juga berjalan sangat ketat.

“Luar biasa permainan mereka. Permainan kedua tim ini cepat dan melelahkan. Beruntung pemain kita memiliki stamina bagus,” ujar Djohar Arifin Husin.

Ini kali pertama tim Garuda Muda menjuarai AFF Cup U19, dan tentunya PSSI sangat berbangga hati serta berbahagia atas kemenangan ini. Pasalnya, sudah cukup lama Timnas Indonesia tidak menuai prestasi. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, PSSI dan persepakbolaan nasional mengalami masa-masa sulit karena terus saja berkutat dengan konflik internal.