Scroll to Top

Acer dan Asus akan Merger?

By Ditya / Published on Monday, 23 Sep 2013

Asus Acer

Dua raksasa produsen PC asal Taiwan dikabarkan akan merger, mereka adalah Acer dan Asus. Kabar mengenai merger Acer dan Asus ini bersumber dari China Times yang melaporkan kemungkinan merger antara kedua perusahaan tersebut di masa mendatang.

China Times sendiri menulis laporan mengenai kemungkinan merger antara Acer dan Asus pada berdasarkan pernyataan pimpinan Asus, Johnny Shih. Pimpinan Asus mengatakan bahwa pihaknya akan tetap berpikiran terbuka mengenai kemungkinan merger antara perusahaanya dengan Acer.

Akhir-akhir ini tampaknya merger atau akusisi di kalangan perusahaan teknologi kian marak, sebut saja Google yang mengakuisisi Motorola dan Microsoft yang mengakuisisi bisnis ponsel Nokia. Pimpinan Asus sendiri tak biasanya mengeluarkan pernyataan demikian. Johnny Shih lebih sering membicarakan pertumbuhan yang telah dicapai oleh perusahaannya.

Lalu bagaimana tanggapan dari pihak Acer mengenai kabar merger dengan Asus? Stan Shih, pendiri Acer mengatakan bahwa akuisisi atau merger bukanlah hal yang mudah dan harus memeriksa terlebih dahulu kesepakatan antara kedua belah pihak secara menyeluruh.

Kesepakatan akusisi atau merger Acer dan Asus harus memberikan manfaat yang maksimal bagi semua pihak, termasuk stakeholder dan karyawan dari kedua belah pihak. Jika akuisis Asus dan Acer ini benar-benar terjadi, hal ini juga akan memengaruhi pasar konsumen dan iklim persaingan.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (22/03/2013), kedua pendiri perusahaan tersebut sama-sama menolak memberikan kepastian atau konfirmasi mengenai merger antara Asus dan Acer.

Asus dan Acer memiliki portofolio produk yang sama, yakni PC Desktop, AIO PC, notebook, dan tablet. Asus juga menawarkan produk motherboard dan kartu grafis, sedangkan produk Acer menyasar segmen entry-level dan kelas menengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda