Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia memerlukan makanan yang kaya akan zat gizi untuk memperoleh tubuh yang sehat. Namun apa yang terjadi apabila makanan yang kita makan mengandung kolesterol tinggi? Akibatnya adalah menyebabkan berbagai macam penyakit. Dan kolesterol tak hanya terjadi pada badan yang gemuk, yang berbadan kuruspun bisa, bahkan yang masih muda juga bisa terkena. Untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada pada tubuh, kita bisa memanfaatkan beberapa macam buah-buahan yang sudah di uji klinis oleh para ahli. Buah-buah tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol secara efektif.

1.  Lemon (jeruk lemon)

Lemon merupakan buah yang paling tinggi akan vitamin C (256,00 mg) dan kalsium (126 mg). Pada umumnya, jeruk lemon dikonsumsi sebagai jus. Kandungan pektin yang terdapat dalam buah lemon, ternyata mampu membantu untuk menurunkan kolesterol pada tubuh.

2.  Anggur

Buah anggur memiliki sifat basa. Sifat basa inilah yang dapat menetralkan darah yang terlalu asam. Asam yang berlebihan tersebut sangat merugikan kesehatan. Karena kandungan air yang ada pada anggur cukup tinggi, maka lemak-lemak yang menimbun dan mengeras pada beberapa bagian tubuh pun akan hancur. Selain kandungan irnya tinggi, anggur juga mengandung polifenol, pektin, tanin, dan vitamin C yang sebagian besar berfungsi untuk menonaktifkan virus dan tumor. Kandungan pektin diperoleh dari 2 buah anggur. Jika kita mengkonsumsinya setiap hari, maka dapat menurunkan kolesterol hingga 19%.

3.  Apel

Khasiat apel terletak pada kandungan pektin dan karoten. Kedua kandungan tersebut merupakan serat yang larut dalam air. Selain berfungsi untuk memperbaiki otot pencernaan dan membantu mendorong sisa-sisa makanan pada saluran pembuangan, pektin juga dikenal sebagai antikolesterol. Apabila vitamin C dan pektin saling berinteraksi, maka dapat menurunkan kolesterol.

4.  Alpukat

Bisa dikatakan buah alpukat adalah buah yang kandungan lemaknya 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah yang lainnya. Banyak yang beranggapan, bahwa buah ini dapat memicu kegemukan. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab lemak yang terkandung dalam buah alpukat termasuk lemak tak jenuh. Menurut penelitian di Amerika dengan sampel usia 27-72 tahun, mengkonsumsi alpukat sebanyak ¼ – ½ buah setiap hari ternyata dapat menurunkan serum kolesterol jenuh sebanyak 8,7 – 42,8%.

5.  Guava / jambu biji

Selain mengandung vitamin C, ternyata guava juga memiliki kandungan pektin yang tinggi. Kandungan pektin biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat gel / jeli. Pektin sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang ada pada tubuh kita.

Nah, dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kelima buah tersebut mengandung pektin yang berfungsi membantu menurunkan kolesterol. Bagi anda semua yang hobby terhadap makanan-makanan berkolesterol tinggi, harap mengimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran lebih banyak. Karena yang menentukan hidup adalah kita.

sumber foto: http://alec22.deviantart.com/