Scroll to Top

Barcelona Tidak Akan Pernah Berubah, Kata Tata Martino

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 23 Sep 2013

Barcelona Tidak Akan Pernah Berubah, Kata Tata Martino

Barcelona untuk pertama kalinya kalah dalam ball possession ketika menaklukkan Rayo Vallecano 0-4. Namun pelatih Tata Martino menegaskan tidak akan ada yang berubah dari klub Catalan. Martino mengklaim, penguasaan bola Lionel Messi dkk. cuma turun 0,2% saja,

Meskipun meraih 12 poin dalam 4 pertandingan awal, Barcelona musim ini dianggap sedikit keluar dari pakem. Mereka tidak hanya mengandalkan tiki-taka, tetapi juga umpan-umpan lambung ke kotak penalti lawan.

Tata Martino yang dianggap sebagai ‘biang keladi’ perubahan ini tak mau ambil pusing. Katanya seperti dikutip AS, “Saya lebih suka memenangi La Liga daripada menjalani partai awal yang cemerlang. Saya berfokus pada bagaimana tim menyelesaikan kompetisi, bukan untuk memecahkan rekor pada tahap tertentu musim ini. Tapi, kalau kami bisa terus-terusan menang, bukan hal buruk pula.”

“Masalah gaya main Barcelona, jika Anda memiliki tim yang telah mencapai prestasi ini dan itu pada masa lalu, tentu saja wajar ada perdebatan. Apalagi jika pelatihnya tidak berasal dari Catalonia atau Belanda (Martino berasal dari Argentina). Yang penting, pemain solid dan bahagia.”

Apakah di kemudian hari Barcelona akan sama sekali berbeda? Tata Martino mengaku, dirinya datang tanpa berniat mengubah apa pun dari klub Catalan.

Disampaikannya, “Pengausaan bola memang penting bagi Barcelona. Tapi, Anda juga harus melihat lawan yang dihadapi. Tahun lalu, Barca cuma memiliki 55% possession melawan Rayo.”

“Jika pertanyaan Anda adalah masalah possession, musim lalu, Barcelona rata-rata memiliki 66% penguasaan bola. Tahun ini 65,8%. Hanya karena 0,2%, Anda berkata bahwa Barcelona mengubah segalanya? Jika berpikir demikian, lanjutkan saja.”

Tata Martino juga menyebutkan Andres Iniesta masih membutuhkan waktu adaptasi untuk tampil prima. Tapi, ia tetaplah pemain kunci Barca. Akan halnya Neymar, meskipun tidak mencetak gol, ia telah memberikan kontribusi besar bagi tim barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda