Scroll to Top

Samsung Exynos 64-bit Capai Tahap Final

By Ditya / Published on Tuesday, 24 Sep 2013
Samsung Exynos 5 Octa 5420
Samsung Exynos 5 Octa 5420

Pengembangan chipset Samsung Exynos 64-bit dikabarkan telah mencapai tahap final dan akan segera diluncurkan. Seperti yang kita ketahui, raksasa smartphone asal Korea Selatan ini mengembangkan prosesor Exynos 64-bit untuk menandingi prosesor Apple A7 64-bit yang digunakan pada smartphone iPhone 5S.

SoC (System on Chip) Samsung Exynos 64-bit ini nantinya akan mengusung konsep yang sama dengan Exynos 5 Octa, yakni mengusung 8-core prosesor yang mana 4-core diantaranya dapat aktif secara bersamaan agar konsumsi dayanya efisien.

Samsung Exynos 64-bit ini kabarnya akan dilengkapi dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A57 yang mampu menghasilkan kinerja yang tinggi dan ditandemkan dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 yang hemat energi untuk mengani tugas yang ringan. Kedelapan ini prosesor Exynos 64-bit nantinya dapat dioperasikan secara independen atau dalam konfigurasi big.LITTLE.

Sistem operasi Android sendiri saat ini telah mendukung komputasi 64-bit yang menjanikan peningkatan performa. Sejauh ini memang belum ada SoC atau prosesor 64-bit yang hadir di platform Android. Samsung mencoba menghadirkannya melalui Exynos 64-bit.

Apa sebenarnya kelebihan komputasi 64-bit dibandingkan 32-bit yang digunakan oleh mayoritas smartphone & tablet saat ini? Kelebihan sistem 64-bit adalah dukungan penggunaan RAM (Random Access Memory) yang lebih besar, yakni hingga satuan Exabyte. Bandingkan dengan 32-bit yang hanya mendukung RAM maksimal sebesar 4GB saja.

Sayangnya, kelebihan sistem 64-bit ini tidak dimanfaatkan Apple di iPhone 5S karena smartphone tersebut dibekali memori RAM dengan kapasitas di bawah 4GB.

Selain itu, sistem 64-bit juga diklaim mampu menghasilkan kinerja yang lebih cepat dibandingkan 32-bit. Namun, salah satu kekurangan sistem 64-bit ini adalah ukuran aplikasi yang lebih besar dari aplikasi 32-bit. Tentu saja ini adalah masalah bagi perangkat mobile seperti smartphone dan tablet yang dibekali ruang penyimpanan terbatas.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (23/09/2013), sampai saat ini belum ada informasi dari Samsung mengenai kapan prosesor Exynos 64-bit ini diluncurkan. Era 64-bit tampaknya akan menjadi tren smartphone 2014 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda