Scroll to Top

9 Aplikasi Penguras Baterai Smartphone

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 24 Sep 2013

iPhone 5S

Salah satu musuh utama ponsel cerdas adalah kondisi baterai yang boros. Ini terjadi oleh banyak faktor salah satunya adalah penggunaan aplikasi. Dan berikut 9 aplikasi penguras baterai smartphone.

Tak peduli ponsel pintar Anda apakah Android, iOS, Windows Phone, atau Blackberry, tidak ada ponsel cerdas yang ramah baterai. Umumnya smartphone memang lemah soal daya dan tenaga ini. Lantas mengapa itu terjadi?

Selain karena faktor penggunaan aplikasi ada juga penyebab lain. Sebut saja soal akses internet yang terus menerus serta penggunaan GPS. Dan inilah 9 aplikasi tersebut menurut situs Mashable:

  1. Carat
  2. Facebook
  3. Maps
  4. Camera
  5. Weather
  6. Skype
  7. Twitter
  8. Square Wallet
  9. Angry Birds

Ditulis di muka jika ada banyak faktor yang membuat baterai tersedot energinya secara berlebihan. Misalkan saja pada aplikasi Maps. Google Maps tak hanya butuh akses internet dalam menjalankannya. Aplikasi ini juga perlu akses GPS. Ini berarti butuh daya tiga kali lebih besar.

Jangan lupakan pula faktor aplikasi yang berkerja di latar belakang (running in background). Tengok Twitter, Facebook, atau Weather (widget). Aplikasi ini tetap berkerja dan berkerja meski Anda menutupnya. Jika pun di-force close aplikasi ini akan startup dengan sendirinya kala restart.

Sedikit tips untuk menghemat baterai, matikan akses GPS jika memang tidak digunakan. Jika di lokasi Anda mendukung WiFi maka hidupkan fitur tersebut dan matikan koneksi. Ini dilakukan agar samrtphone tidak lakukan searching dan seacrhing jaringan 3G/4G secara terus menerus.

Untuk game, hindari permainan yang menampilkan banyak iklan. Sebab untuk menarik iklan ini diperlukan koneksi internet. Ini berarti Anda harus membeli game full atau berbayar. Karena umumnya game dengan banyak iklan adalah game gratisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda