Scroll to Top

Barcelona vs Real Sociedad 4-1: Hasil Liga Spanyol 2013

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 25 Sep 2013

Lionel Messi 1

Hasil pertandingan Barcelona vs Real Sociedad yang digelar pada Rabu, 25 September 2013 berakhir dengan skor 4-1. Di samping Lionel Messi, Sergio Busquets, dan Marc Bartra, Neymar membukukan gol pertamanya di La Liga. Hasil Liga Spanyol ini memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen dengan 18 poin; sekaligus menjadi salah satu start terbaik mereka sepanjang sejarah.

Dipanaskan oleh perdebatan penting atau tidaknya penguasaan bola untuk Barcelona, menit-menit awal duel Barca vs Sociedad adalah neraka bagi tim tamu. Disebut demikian karena lini belakang yang dikomandoi Inigo Martinez kacau balau dan pasukan Tata Martino cuma butuh 23 menit untuk mencetak tiga gol.

Pesta gol klub Catalan diawali oleh Neymar. Sang penyerang asal Brazil memecah kemandulannya di Liga Spanyol dengan cara unik. Alexis Sanchez mengirimkan umpan silang yang semestinya bisa diamankan oleh Claudio Bravo. Tapi kurang sigapnya sang kiper atas pergerakan Neymar membuat Sociedad kecurian gol dengan cara paling tidak menyenangkan.

Barcelona vs Real Sociedad

Barcelona vs Real Sociedad

Selang tiga menit giliran Lionel Messi yang mencetak gol. Umpan silang Neymar terlewat begitu saja oleh sekian bek tim tamu. Dan entah mengapa tidak ada yang mengawal King Leo. Dia menanduk bola dan bertambahlah koleksi gol Messi ke angka 7.

Lionel Messi gol

Masih ada horor bagi Sociedad di menit 23. Setelah Lionel Messi dibuat terpukau atas tembakannya yang tak masuk, bola mentah disambut oleh Sergio Busquets dengan tendangan ke sudut kanan gawang lawan —titik yang paling diburu pemain Barca di laga ini—. 3-0.

Sergio Busquets

Masih ada sederetan aksi mengilap para punggawa Barcelona sepanjang babak pertama. Bisa dikatakan 3 gol yang tercipta, adalah skor minimum bagi Barca yang dipimpin Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Paruh kedua ditandai dengan tiga peluang Lionel Messi dan satu tembakan Neymar yang mentah semua. Berbeda dengan Real Sociedad yang dalam sebuah serangan, berhasil memperkecil ketertinggalan setelah Alberto De La Bella menyelesaikan umpan Imanol Agirretxe di menit 64.

Barca masih menambah satu gol lagi di menit 77. Pergerakan Lionel Messi tak bisa dihentikan siapa pun dari pihak lawan, dan umpan silangnya membuat Marc Bartra yang overlap tinggal menyentuh bola masuk ke gawang Claudio Bravo.

Kehadiran Pedro Rodriguez dan Sergi Roberto tak menambah pesta gol Barcelona. Hasil akhir 4-1 untuk kemenangan klub Catalan, dan perjalanan 100% mereka berlanjut.

Barcelona       Real Sociedad
23(9) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 9(5)
6 Pelanggaran 12
6 Sepak Pojok 1
3 Off side 0
71% Ball possession 29%
0 Kartu Kuning 1
0 Kartu Merah 0
4 Penyelamatan 5

Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Pique, Mascherano (Bartra ’35), Adriano; Busquets, Xavi, Iniesta; Alexis, Messi (Sergi Roberto ’80), Neymar (Pedro ’72)

Real Sociedad (4-3-3): Bravo; Estrada (Ansotegu ’46), Cadamuro, Inigo, De la Bella; Bergara, Ros (Rubén Pardo ’78), Sangalli; Prieto (Agirretxe ’21), Seferovic, Griezmann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda