Scroll to Top

Vitamin B12, Bisa Depresi Bila Kekurangan Zat Ini

By C Novita / Published on Wednesday, 25 Sep 2013

kurang vitamin B12

Keberadaan vitamin B12 (kobalamin) memang tak sepopuler vitamin C, A, atau E. Namun, keberadaan vitamin ini ternyata juga memegang peranan penting bagi kesehatan lahir, juga batin seseorang. Bila kekurangan, seseorang dapat mengalami gangguan mood dan bahkan depresi.

Sumber dari vitamin B12 biasanya adalah ikan-ikanan, telur, daging, serta berbagai produk susu termasuk juga keju dan yogurt. Orang yang mengalami kekurangan vitamin B12 dapat dipastikan adalah orang yang jarang mengonsumsi berbagai jenis makanan tersebut, semisal seorang vegetarian.

Namun, tubuh manusia sebenarnya punya sistem penyimpanan vitamin B12 yang cukup baik, yaitu di hati (lever). Lever mampu menyimpan cadangan B12 dalam jangka waktu lama, hingga bertahun-tahun agar tubuh tak mengalami defisit.

Gejala yang tampak apabila seseorang mengalami kekurangan vitamin B12 adalah kurang darah, tangan dan kaki mati rasa, lemas, kurangnya daya ingat, depresi, nafas berubah menjadi susah dan pendek-pendek, lesu, mood buruk, dan lainnya.

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol bisa juga jadi salah satu penyebab vitamin B12 habis dari dalam tubuh.

Untuk mengembalikan stok vitamin B12 dalam tubuh, maka seseorang mau tidak mau harus mengonsumsi jenis makanan yang menjadi sumber dari jenis vitamin tersebut. Bisa juga minum vitamin atau suplemen dengan kandungan vitamin B12.

Bagi vegetarian, maka disarankan untuk mengkonsumsi rumput laut dan alga yang juga memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda