Scroll to Top

BBM Android Tak Ada Kepastian, Pengguna Siap Tarik Diri

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 25 Sep 2013

BBM Android

BBM Android miliki tingkat antusiame yang luar biasa. Belum dirilis resmi saja sudah tercatat 1,1 juta pengguna aktif. Potensi jumlah pengguna ini sekaligus petaka. Sebab, jika BBM for Android bila tak ada kepastian pengguna bisa saja menarik diri.

Aplikasi pesan instan di luar BBM jumlahnya buka satu atau dua saja. Kompetisi di dunia instant message sangatlah ketat. WhatsApp dan LINE misalnya, layani ratusan juta pengguna. Ini belum ditambah WeChat, KakaoTalk, dan jangan lupakan Facebook Messenger.

Yang menarik kemudian diyakini jika ‘calon’ pengguna BBM Android hanya buah dari rasa penasaran dan keingintahuan saja. Keyakinan ini diutarakan pengamat telekomunikasi Teguh Prasetya.

“Orang yang mengunduh BBM di Android atau iPhone belum tentu akan menjadi pengguna seterusnya. Mereka men-download karena hanya penasaran dan ingin memuaskan rasa keingintahuan,” jelasnya seperti dikutip dari Okezone.

Masih menurutnya, pengguna tak hanya penasaran namun juga ingin tahu. Sebab, aplikasi legendaris ini mulanya hanya ekslusif di Blackberry saja. Hanya pemilik handset BB yang memungkinkan menggunakan aplikasi pesan instan itu.

Teguh menilai jika calon pengguna BBM lintas platform juga belum tentu akan menjadi pengguna reguler. Dalam artian, selain memuaskan dahaga penasaran mereka, pengguna juga terkesan hanya coba-coba saja.

“Seperti apa sih rupanya,” lanjutnya.

Yang patut dicermati kemudian pengguna akan membandingkan BBM dengan aplikasi serupa yang pernah dicoba sebelumnya. Misalkan saja perbandingan fitur atau perbandingan kemampuan serta daya tahan baterai.

Dan bilamana tahap komparasi ini buahkan hasil negatif, bukan tak mungkin BBM Android bakal ditinggalkan. Bila tak nyaman dan enjoy kala penggunaan, buat apa harus dipertahankan? Toh masih banyak aplikasi mumpuni lain di Google Play yang tawarkan fitur yang tak jauh berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda