Scroll to Top

Gateshead Millennium, Jembatan yang Super Miring di Inggris

By C Novita / Published on Wednesday, 25 Sep 2013

gateshead millenium panoramio

Gateshead Millennium Bridge, terlihat sangat berbeda bila dibanding dengan bentuk umum jembatan yang ada di muka Bumi ini. Ia terdiri atas 2 kurva yang saling terhubung dengan puluhan kawat-kawat baja, dan berbentuk mirip dengan mata dan kelopaknya yang hendak berkedip.

Karena bentuk 2 kurva itulah maka jembatan ini juga dikenal dengan nama Blinking Eye Bridge atau jembatan ‘Mata Berkedip’. Jembatan tersebut menghubungkan tepian sungai Tyne, Inggris tepatnya berada di kota Gateshead.

Hanya pejalan kaki dan pengendara sepeda kayuh saja yang diperbolehkan melintasi jembatan tersebut, karena daya tahannya yang memang tak begitu kuat untuk dilintasi mobil atau kendaraan berat.

gateshead millenium

Yang unik lagi dari jembatan ini adalah, selain memiliki kemiringan yang ekstrem, desainernya merancang agar ia dapat berputar (mengedip) hingga 40 derajat setiap 45 menit.

Bila angin bertiup kencang dan membahayakan bagi rancang bangunnya, maka jembatan tersebut pun dapat berputar ke posisi yang aman. Demikian pula apabila ada kapal yang hendak melintas di aliran sungai Tynes.

Keadaan tersebut yang menyebabkan kemiringan jembatan dapat berubah ekstrim, walau masih boleh dilewati oleh pelintasnya.

Karena desain unik dan modern tersebut jembatan ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan diantaranya adalah RIBA Stirling Prize pada 2002.

Dengan tata lampu yang keren, maka jembatan ini juga jadi salah satu landmark pariwisata di negara tersebut. Unik sekali, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda