Scroll to Top

iPhone 5S: Ongkos Produksi Hanya Rp 2,3 Juta, iPhone 5C 2 Juta

By Ditya / Published on Wednesday, 25 Sep 2013
iPhone 5S
iPhone 5S

Baru-baru ini muncul sebuah laporan yang menyebutkan bahwa ongkos produksi smartphone Apple iPhone 5S adalah hanya sebesar US $199 atau sekitar Rp 2,3 juta saja. Sedangkan ongkos produksi iPhone 5C lebih murah lagi, yakni hanya US $173 atau sekitar Rp 2 juta saja.

Informasi mengenai ongkos produksi smartphone iPhone 5S dan iPhone 5C besutan Apple ini berasal dari laporan IHS yang akan diterbitkan dalam waktu dekat. Secara umum, ongkos produksi iPhone 5C dan iPhone 5S ini hanya terpaut sedikit saja, yakni Rp 300 ribu.

Bandingkan dengan ongkos produksi smartphone pesaing terdekat iPhone 5S, yakni Samsung Galaxy S4 yang mencapai $236 atau sekitar Rp 2,6 juta menurut IHS, Rp 300 ribu lebih mahal dari Apple iPhone 5S. Namun, baik Samsung Galaxy S4 atau iPhone 5S memiliki kelebihan sendiri-sendiri.

iPhone 5C Warna Kuning
iPhone 5C

Banyak pihak menilai bahwa smartphone terbaru besutan Apple ini overprice atau terlalu mahal untuk spesifikasi yang ditawarkannya. Namun perlu diingat, ongkos produksi iPhone 5S dan iPhone 5C yang dilaporkan oleh pihak IHS ini tidak termasuk biaya pengembangan perangkat lunak iOS 7.

iPhone 5S sendiri adalah smartphone flagship Apple yang merupakan penerus dari Apple iPhone 5. iPhone 5S datang dengan fitur yang tak dimiliki oleh pendahulunya, sebut saja pemindai sidik jari, TrueTone LED flash, sensor kamera yang lebih baik, dan prosesor 64-bit dengan grafis generasi baru.

Sedangkan iPhone 5C membidik pasar yang lebih luas, terutama wanita dan remaja dengan mengandalkan casing plastik dengan warna-warni cerah ala Nokia Lumia. Spesifikasi teknis smartphone iPhone 5C ini kurang lebih setara dengan iPhone 5.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (24/09/2013), sayangnya sampai saat ini pihak IHS belum membeberkan detail harga per komponen yang terdapat pada iPhone 5S dan iPhone 5C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda