Scroll to Top

Apple A7: Spesifikasi Detail Beredar, Usung Grafis Quad Core

By Ditya / Published on Wednesday, 25 Sep 2013
Apple A7
Apple A7

Smartphone Apple iPhone 5S ditenagai oleh prosesor terbaru yang disebut dengan Apple A7. Seperti yang kita ketahui, Apple A7 adalah prosesor 64-bit pertama besutan perusahaan yang berbasis di Cupertino. Berdasarkan informasi spesifikasi Apple A7 yang beredar, prosesor ini dibekali grafis quad-core.

Baru-baru ini infromasi mengenai spesifikasi detail prosesor Apple A7 telah beredar dan diketahui telah mengalami lompatan atau peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan Apple A6 yang digunakan pada smartphone iPhone 5. Apa saja peningkatan yang dibawa oleh Apple A7? Simak pembahasan berikut ini.

Prosesor Apple A7 ini diproduksi oleh Samsung dengan menggunakan teknologi 28nm HKMG (High-K Metal Gate) dan menggunakan nama sandi Cyclone. Prosesor Apple A7 mengusung arsitektur ARMv8 64-bit terbaru dengan kecepatan yang sama dengan Apple A6, yakni 1,3GHz.

Meski Apple A7 hanyalah prosesor dual-core, tetapi performa yang dihasilkan cukup tinggi dan bahkan mengalahkan prosesor quad-core yang digunakan oleh Android di beberapa benchmark. Hal ini tak terlepas dari optimasi yang dilakukan oleh Apple terhadap arsitektur prosesor A7.

Oleh sebab itulah sampai saat ini Apple masih tetap setia menggunakan prosesor dual-core karena kinerja yang dihasilkan masih sangat memuaskan. Bahkan beberapa sumber mengatakan prosesor dual-core Apple ini masih lebih responsif ketimbang prosesor quad-core di Android.

Sektor grafis, Apple A7 menggunakan pengolah grafis generasi baru dari Imagination Technology yakni PowerVR G6430 quad-core yang telah mendukung standar OpenGL 3.0, DirectX 10, dan OpenCL 1.x. Apple membekali iPhone 5S dengan memori RAM 1GB jenis LPDDR3, lebih baru dari yang digunakan oleh iPhone 5 dan 5C yang masih menggunakan jenis LPDDR2.

Sedangkan co-processor Apple M7 dibuat oleh sebuah produsen bernama NXP yang di dalamnya terdiri dari chip NXP LPC18A1 yang merupakan bagian dari chip NXP LPC1800. Apple M7 ini menangani banyak tugas, sebut saja sensor gyroscope, accelerometer, compass, dan banyak lagi.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena (24/09/2013), meski spesifikasi prosesor Apple A7 ini mirip dengan prosesor Apple A6, tetapi kinerja yang dihasilkannya nyaris dua kali lebih cepat dari generasi pendahulunya tersebut/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda