Scroll to Top

SteamOS, Sistem Operasi Khusus Gaming Berbasis Linux

By Ditya / Published on Wednesday, 25 Sep 2013
SteamOS
SteamOS

Valve Software akhirnya memperkenalkan sistem operasi SteamOS yang merupakan sistem operasi khusus gaming yang dikembangkan menggunakan basis Linux. Seperti yang kita ketahui, Valve Software adalah pengembang game dan pemilik layanan distribusi game Steam.

Sistem operasi SteamOS besutan Valve Software ini menjanjikan kemampuan yang tak dimiliki oleh sistem operasi lainnya, sebut saja peningkatan kemampuan pengolahan grafis, teknologi in-home streaming, dan banyak lagi. Valve Software mengatakan bahwa SteamOS ini akan cocok untuk digunakan di ruang tamu.

“Seperti yang kita telah kembangkan untuk membawa Steam ke ruang tamu, kita telah sampai pada kesimpulan bahwa lingkungan yang paling cocok untuk memberikan nilai kepada pelanggan merupakan sistem operasi yang dibangun di sekitar Steam itu sendiri. SteamOS menggabungkan arsitektur rock-solid Linux dengan pengalaman game yang dibangun untuk layar lebar,” pernyataan Valve Software.

SteamOS yang berbasis PC desktop akan memiliki fitur yang memungkinkan untuk melakukan streaming video game melalui jaringan rumah yang dapat dihubungkan langsung ke TV. Ini juga memungkinkan anggota keluarga dapat bermain game secara bergiliran.

Valve juga menambahkan bahwa pihaknya telah meningkatkan kemampuan pengolahan grafis pada SteamOS untuk menghadirkan peningkatan kinerja secara signifikan. Perusahaan tersebut juga tengah meningkatkan kinerja audio serta mengurangi tingkat latency pada sistem operasi tersebut.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (24/09/2013), kehadiran SteamOS ini akan memudahkan pengembang game untuk terhubung langsung dengan pengguna dan memungkinkan gamer untuk memberi masukan terhadap pengembangan game favorit mereka.  Valve berkomitmen akan terus mengembangkan SteamOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda