Scroll to Top

Twitter Rilis Fitur Emergency Alert untuk Ponsel

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 26 Sep 2013

Twitter Emergency Alert

Twitter merilis fitur baru yakni Emergency Alert untuk ponsel. Sebuah fitur ‘tanda bahaya’ yang bakal diterima pengguna bila mereka sign up alert untuk akun-akun tertentu. Misalkan saja akun Palang Merah Internasional atau Pusat Pengendalian Penyakit.

Lantas apa sesungguhnya kegunaan fitur anyar Twitter ini? Secara sederhana, fitur ini akan mengabarkan kabar terkini bilamana terjadi sebuah keadaan atau situasi darurat. Pengguna yang mendaftar akan menerima tweet dari akun terpilih via SMS atau notifikasi di aplikasi smartphone.

Misalkan saja pengguna sign up Emergency Alert untuk akun Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat. Tatkala terjadi situasi emergency atau urgent yang mengancam keselamatan nasional, maka tweet dari akun ini akan dihantarkan ke pengguna via SMS atau di notifikasi via aplikasi mobile.

Sejatinya tanpa sign up fitur ini pengguna juga tetap bisa menerima tweet terkini CDC. Namun kicauannya bakal mengalir di timeline yang mana mungkin akan tertindih tweet lain di linimasa. Sedangkan dengan fitur Emergency Alert kicauan mereka bisa diterima ‘eksklusif’ via SMS atau notifikasi.

Nantinya, ‘tanda bahaya’ itu akan diberi label dengan ikon berwarna oranye. Ini dilakukan Twitter untuk membedakan dengan tweet reguler. Untuk menggunakannya cukup mudah, tinggal tuju laman akun terpilih dan sila pilih alert yang ingin diterima.

Ada tiga macam alert yang ada; Highlighted Tweet, Text Message (SMS), App Notification. Pilih salah satu dari yang disediakan. Namun sayangnya fitur ini hanya berkerja di Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Twitter akan memperluas secara global dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda