Scroll to Top

Obat Antidepresi Bisa Memicu Diabetes

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 26 Sep 2013

depresi

Meminum obat antidepresi atau antidepresan sebaiknya berhati-hati. Obat ini bisa menimbulkan risiko tinggi mengalami diabetes tipe 2 . Temuan peneliti dari Universitas Southampton menyimpulkan hal ini. Hanya saja peneliti belum bisa meyakini apakah obat tersebut murni bertanggung jawab terhadap setiap kemunculan kasus diabetes atau tidak, pada mereka yang mengonsumsi obat antidepresi.

Dikutip dari Times of India, pengguna obat antidepresi meningkat tajam selama beberapa tahun belakangan di Inggris. Pada 2011 lalu, tercatat ada 46.700.000 resep yang memuat obat tersebut.

Studi ini mempelajari kembali 22 studi dan tiga tinjauan sistematis yang membahas efek antidepresan terhadap risiko diabetes. Dari berbagai studi itu, hasilnya cukup bervariasi. Perbedaan hasil analisa tergantung dari metode yang digunakan, jenis obat, dan jumlah peserta.

Hanya saja setelah dianalisa, secara keseluruhan orang yang mengonsumsi obat antidepresi cenderung memiliki penyakit diabetes. Peneliti mengatakan mungkin pemakaian jenis obat antidepresi yang berlainan akan membawa risiko yang berbeda pula. Temuan ini bisa menjadi langkah awal untuk melakukan kajian lanjutan terkait pengaruh tiap obat pada seseorang dalam pemakaian jangka panjang.

Beberapa dugaan coba dipecahkan peneliti terkait hubungan ini. Salah satu alasan yang “masuk akal” adalah beberapa obat antidepresi berhubungan dengan kenaikan berat badan secara signifikan. Kemungkinan dari sinilah risiko diabetes tipe 2 mulai muncul.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda