Scroll to Top

Alasan Tidak Perlunya Memata-Matai Isi Ponsel Pasangan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 26 Sep 2013

ponsel

Seringkali meihat isi ponsel pasangan secara diam-diam dianggap sebuah kewajaran. Padahal hal tersebut sudah melanggar privasinya. Bahkan, tindakan tidak sportif tersebut hanya akan berdampak kurang baik pada hubungan. Minimal jika ingin melihat isi ponselnya harus seizin pasangan untuk menghindari prasangka buruk.

Jika aktivitas memata-matai ponsel pasangan tetap dilakukan, beberapa alasan berikut sebaiknya  diperhatikan untuk menyudahi tindakan ilegal itu:

  1. Hal tersebut adalah bentuk pelanggaran terhadap kepercayaan. Tindakan mengintip ponsel pasangan menunjukkan Anda belum sepenuhnya yakin dengan kejujurannya dalam membina hubungan. Jika Anda memang ingin melihat isi ponselnya, lakukan dengan meminta izin dahulu agar tidak terdapat prasangka buruk.
  2. Melihat isi ponsel pasangan dengan diam-diam hanya akan memicu kecurigaan Anda. Apalagi jika Anda curiga dan tidak  mau melakukan konfirmasi, maka itu merugikan hubungan. Setiap keputusan yang dibuat bersama, akan dilandasi dengan sikap curiga.
  3. Tidak semua yang Anda lihat itu benar. Termasuk saat Anda melihat ponselnya dan melihat ada sesuatu yang mencurigakan, belum tentu karena pasangan melakukan perselingkuhan. Misalnya, kadang di antara wanita dan temannya yang wanita menggunakan panggilan “sayang” adalah sesuatu yang lazim. Bahkan, kadang mereka menggunakan emoticon mesra. Bila Anda membabi buta dalam menerjemahkan pesan-pesan ini, pastinya hanya akan ada pertengkaran di antara Anda berdua. Jadi belum tentu yang Anda lihat adalah sebuah kebenaran.
  4. Anda akan tenggelam dalam sikap posesif. Semakin Anda curiga dengan isi di ponsel pasangan, maka sikap posesif akan membelenggu. Anda menjadi sangat reaktif terhadap setiap aktivitas yang dilakukan pasangan. Mungkin Anda sendiri akan turun tangan menjadi mata-mata. Anda menjadi tidak percaya lagi pada pasangan. Bukankah ini merugikan hubungan Anda? Kepercayaan adalah modal dalam setiap hubungan yang bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda