Scroll to Top

Santi Cazorla: Liga Inggris Menarik, Liga Spanyol Membosankan!

By Wan Faizal / Published on Friday, 27 Sep 2013

Poldi-Theo-Gibbs-Santi

Gelandang Arsenal, Santi Cazorla, menuturkan bahwa ia sama sekali tak menyesal pindah ke The Gunners dan bermain di Liga Inggris. Menurut salah satu pemain termungil di Premier League ini, Liga Spanyol memang membosankan karena terlalu didominasi Real Madrid dan Barcelona. Sementara di Inggris, persaingan lebih merata.

Bagi Cazorla, 18 klub lain di Spanyol seakan memiliki jarak yang cukup jauh dengan Madrid dan Barca. Hal itu membuat liga setiap tahunnya berlangsung seperti itu, hanya milik kedua klub tersebut.

“Di Spanyol sekarang lebih taktis, dan saya pikir juga lebih membosankan. Bagi saya, Barcelona dan Madrid jauh diatas tim lain. Tapi di Inggris, levelnya jauh lebih baik, lebih kompetitif,” buka Cazorla.

“Bagi saya, di Inggris lebih baik, semua lebih memungkinkan. Contohnya saat Manchester City kalah dari Cardiff. Di Spanyol, ketika Real Madrid bertemu Real Mallorca, maka mereka akan menang, menang, dan meanng. Selalu sulit bagi tim lainnya. Premier League lebih menyenangkan. Tapi saya masih tetap nonton Liga Spanyol karena ada Villarreal dan Malaga, dua klub yang saya cintai.”

Cazorla sendiri awalnya diprediksi akan sulit bersaing lantaran ukuran tubuhnya yang mungil. Namun ia membantahnya dengan permainan di lapangan. Kualitas individunya di lapangan sudah cukup untuk membuat Cazorla menjadi pemain penting.

“Ketika saya masih muda, ukuran tubuh saya memang jadi masalah karena tim punya banyak pemain kuat. Tapi sekarang sudah berubah, ada Messi, Iniesta, saya. Sekarang semua lebih mudah.”

“Ketika saya baru mulai bermain sepakbola, semua berlangsung sulit karena banyak pemain besar dan kuat. Untungnya tiap tahun semua mengalami perubahan. Sekarang teknik lebih diperhitungkan dibanding kekuatan fisik.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda