Scroll to Top

Google Play Books Kini Tersedia di Indonesia

By Ibnu Azis / Published on Friday, 27 Sep 2013

Google Play Books

Kabar gembira bagi Anda yang gemar membaca. Google Play Books kini telah tersedia di Indonesia. Pengguna Android kini bisa membaca buku-buku terpilih baik secara gratis dan berbayar langsung dari Google Play.

Google Play Books masih tergabung dengan layanan Google Play. Selain buku, sejatinya Play Store masih miliki layanan lain. Sebut saja musik dan film. Namun keduanya hingga kini masih belum mendukung di Indonesia.

Sedangkan untuk tampilannya sendiri, Google Play Books hampir tak ada bedanya dengan Google Play pada umumnya. Di laman utama mereka akan disuguhkan pelbagai buku sesuai kategori yang ada. Google Play Books juga tampilkan charts berdasar buku terpopuler dan terbaru.

Untuk menggunakan layanan Google Play Books, pengguna harus mengunduh aplikasi Play Books terkini (unduh di sini). Sebab, aplikasi tersebut akan digunakan untuk membaca buku yang telah diunduh.

Play Books
Tampilan aplikasi Play Books di Android

Menariknya adalah, buku-buku yang telah diunduh – baik itu gratis maupun berbayar – akan disinkronasikan dengan akun Google pengguna. Sehingga ketika pengguna beralih device, dari smartphone ke tablet misalnya, buku terunduh tetap akan tersedia di Play Books.

Segi positif yang kedua, untuk buku berbayar atau non gratisan, telah terkonversi harganya ke rupiah. Sehingga pengguna tak perlu berhitung-hitung lagi berapa harga dari dolar ke mata uang lokal. Namun, ada sisi negatifnya.

Pertama, harga buku berbayar sangatlah mahal. Bahkan mencapai ratusan ribu rupiah. Patut diingat jika ini buku digital, bukan fisik (cetak). Tentu saja untuk kantong orang Indonesia harga ratusan ribu cukup memberatkan.

Kedua, koleksi buku yang ada masih didominasi oleh buku berbahasa asing khususnya Inggris. Buku lokal atau buku berbahasa Indonesia urung dijumpai. Mungkin saja Google belum menambah koleksi untuk itu.

Untuk mengunjungi Google Play Books sila ikuti tautan ini. Dan jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Play Books terbaru untuk menggunakan layanan tersebut. Unduh gratis di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda