Scroll to Top

Bill Gates: CTRL+ALT+DEL Itu Kesalahan IBM

By Ditya / Published on Friday, 27 Sep 2013
CTRL + ALT + DEL
CTRL + ALT + DEL

Baru-baru ini pendiri Microsoft, Bill Gates, mengungkapkan bahwa penggunaan tombol CTRL + ALT + DEL ini adalah kesalahan IBM, mengapa demikian? Bill Gates megatakan bahwa dulu ia ingin fungsi CTRL + ALT + DEL diganti dengan satu tombol saja, tetapi desain keyboard IBM tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

Tentu Anda pernah menggunakan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL sebanyak ratusan hingga ribuan kali selama Anda menggunakan komputer. Kombinasi CTRL + ALT + DEL ini sebuah kombinasi ampuh untuk mengatasi komputer yang bermasalah atau hang.

Ternyata Bill Gates awalnya ingin mengganti fungsi CTRL + ALT + DEL ini dengan menekan sebuah tombol saja agar lebih praktis. Namun, desain keyboard IBM saat itu tidak memungkinkan untuk melakukan fungsi tersebut hanya dengan satu tombol saja.

“Itu adalah suatu kesalahan. Kita bisa memiliki satu tombol, tetapi orang yang merancang dan mendesain IBM keyboard tidak mau berikan kami satu tombol,” kata Bill Gates, pendiri Microsoft dalam sebuah wawancara.

Bill Gates samapai saat ini masih menganggap bahwa kombinasi CTRL + ALT + DEL ini adalah sebuah kesalahan dan kombinasi tombol ini masih dapat digunakan di komputer dengan sistem operasi Windows. Lalu siapa sebenarnya desainer keyboard IBM saat itu? Insinyur David Bradley. Ia adalah insinyur yang saat itu bekerja di IBM sebagai desainer.

“Aku awalnya ditujukan untuk menjadi apa yang sekarang kita sebut Easter egg – hanya sesuatu yang kita gunakan dalam pengembangan dan tidak akan tersedia setelah itu.”

“Tapi kemudian (penerbit perangkat lunak) mengetahui tentang hal itu. Mereka mencoba untuk mengetahui bagaimana untuk memberitahu seseorang bila terjadi masalah pada satu program mereka, dan mereka memiliki jawabannya. Hanya masukan disket, klik CTRL + ALT DEL, dan program berjalan secara ajaib,” kata David Bradley, seperti yang dilansir dari TomsHardware (26/09/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda