Scroll to Top

Nvidia: Kinerja Grafis Konsol Game Tak Mampu Saingi PC

By Ditya / Published on Friday, 27 Sep 2013

Desain Boks PS 4 vs Xbox One

Baru-baru ini petinggi Nvidia mengungkapkan bahwa kemampuan gaming dan grafis yang ditawarkan konsol terbaru tak akan mampu menyaingi kemampuan grafis pada PC atau komputer. Pembesut kartu grafis GeForce ini mengungkapkan bahwa konsol game tak memiliki sumber daya untuk menyaingi kinerja PC game.

Senior VP konten dan teknologi Nvidia, Tony Tamasi baru-baru ini membandingkan kemampuan dan grafis konsol game generasi terbaru dengan PC gaming. Petinggi Nvidia tersebut juga mengungkapkan perkembangan kinerja grafis tiap generasi konsol game.

Tony Tamasi mengungkapkan bahwa PlayStation generasi pertama tak memiliki kemampuan grafis yang baik. Sedangkan pada PlayStation 2, kemampuan grafisnya mulai menyamai komputer mainstream. Saat itu perusahaan seperti Sony, Sega, dan Nintendo meraup banyak keuntungan.

Setelah itu muncul konsol game generasi Xbox 360 dan PlayStation 3 yang memiliki kemampuan grafis yang setara dengan PC gaming saat itu. Seperti yang kita ketahui, pengolah grafis Xbox 360 dibuat oleh AMD dan pengolah grafis PS3 dibuat oleh Nvidia.

Nvidia mengungkapkan bahwa konsol game generasi baru seperti Xbox One dan PlayStation 4 memiliki kinerja pengolah grafis yang setara dengan PC gaming kelas low-end. Apa yang dikatakan Nvidia sebenarnya tidak salah karena kemampuan pengolah grafis PC gaming kelas atas saat ini memang tak mampu ditandingi oleh konsol game manapun.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (26/09/2013), banyak yang menilai pernyataan Nvidia ini adalah bentuk ketidakpuasan perusahaan tersebut karena kalah bersaing dengan AMD untuk menjadi pemasok komponen untuk konsol game generasi baru.

Seperti yang kita ketahui, pengolah grafis konsol Xbox One, Nintendo Wii U, dan Sony PlayStation 4 semuanya dipasok oleh AMD. Bahkan, spesifikasi Xbox One dan PlayStation 4 hampir sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda