Scroll to Top

BBM untuk Android dan iPhone Buat Penjualan Gadget Blackberry Lesu

By Ibnu Azis / Published on Friday, 27 Sep 2013

Blackberry

BBM untuk Android dan iPhone memang belum resmi dirilis. Namun kabar hadirnya Blackberry Messenger lintas platform di dua OS kondang itu berdampak serius pada angka penjualan gadget Blackberry. Sejumlah pedagang smartphone di Solo, Jawa Tengah mengaku jika angka penjualan handset Blackberry terus menurun.

Magnet BBM memang cukup kuat. Belum dirilis saja, pengguna sudah berburu aplikasi unofficial-nya. Terlebih, patut dicermati jika pengguna BB di tanah air memilih Blackberry umumnya hanya untuk penggunaan BBM saja. Jika memang BBM hadir di luar Blackberry, buat apa membeli ponsel mungil hitam berharga mahal itu?

Inilah yang dikeluhkan sejumlah pedagang smartphone di Solo. Bahkan, sebelum isu BBM hadir di Android dan iPhone, dalam beberapa bulan terakhir angka penjualan BB pun cukup suram.

Menurut Nur Cahyo, salah satu pedagang smartphone di Matahari Singosaren, Solo mengaku kalau pun ada pembeli jumlahnya tak lebih dari tiga orang. Itu pun juga tidak terjadi pada setiap hari.

Ia juga  mencermati harga ponsel Android yang cukup terjangkau. Dengan 1 juta rupiah saja, pembeli sudah bisa mendapat ponsel ‘robot ijo’ yang cukup baik. Alhasil, ponsel Android laris manis di pasaran.

Angka penjualan ponsel Android pun kini moreket tajam. Menurutnya kenaikan yang ada capai 50 persen hingga 60 persen. Bahkan, rata-rata toko ponsel bisa menjual antara 10 hingga 20 smartphone Android.

Ini belum ditambah dengan membanjirnya ponsel Android lokal dan China. Sebut saja Smartfren atau Cross. Dikutip dari Okezone, smartphone Samsung juga tak jarang diburu pembeli. Pendek kata, kabar hadirnya BBM di Android dan iOS semakin memperparah tingkat penjualan Blackberry yang kian lesu.

Terkini, soal BBM lintas platform, aplikasi pesan instan tersebut belum akan dirilis pada pekan ini. Blackberry masih memperbaiki sistem yang ada yang sempat kewalahan diserbu 1,1 juta pengguna tercatat BBM yang terdaftar lewat aplikasi non resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda