Scroll to Top

Pernikahan Bahagia Itu Menyehatkan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 27 Sep 2013

pernikahan bahagia

Membangun sebuah keluarga sebaiknya selalu dikondisikan dalam suasana bahagia. Pasalnya, pernikahan bahagia akan membuat semua orang dalam keluarga menjadi sehat. Demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Marriage and Family.

Dikutip Huffington Post, pernikahan yang bahagia memiliki hubungan kuat dengan kebaikan pada kesehatan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Manfaat ini akan dirasakan siapa pun dalam keluarga itu tanpa memandang usia mereka. Suami, istri, dan anak-anak yang tergabung dalam keluarga bahagia akan merasakan efek kesehatan yang sama.

Studi ini melibatkan 1.681 orang. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 18 sampai 39 tahun dan 40 sampai 55 tahun. Mereka dievaluasi selama 20 tahun. Selama masa observasi, setiap peserta ditanyai tentang bagaimana kehidupan yanga terjadi dalam pernikahan mereka dan masalah pernikahan yang dihadapi. Selanjutnya, peserta diminta untuk menilai tingkat kesehatan yang dirasakan dengan predikat: sangat baik, baik, cukup, atau kurang.

Hasilnya, pada peserta di kelompok muda terlihat bahwa pernikahan bahagia akan meningkatkan kesehatan seseorang secara signifikan. Hasil yang sama dirasakan pula oleh peserta di kelompok tua. Kelompok tua yang mulai mengalami penurunan masalah dalam pernikahan, juga merasakan ada peningkatan kesehatan pada fisiknya.

“Apa yang kami temukan adalah, ada hubungan antara kesehatan dan kebahagiaan bagi kedua kelompok umur. Jika kesehatan mereka baik, kebahagiaan mereka ikut meningkat,” kata penulis studi, Cody Hollist.

Hasil ini sejalan dengan studi yang dipublikasikan pada Januari 2013 lalu. Sebuah studi menemukan bahwa memeluk, mencium dan berpelukan bisa meningkatkan kesehatan. Sementara studi lain pada bulan yang sama menyebutkan, seseorang yang menikah dan bahagia cenderung hidup lebih lama dibanding para lajang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda