Scroll to Top

Google in 1998: Nostalgia Tampilan Lawas Google

By Ditya / Published on Saturday, 28 Sep 2013
Google in 1998
Google in 1998

Raksasa mesin pencari Google pertama kali didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998 dengan tampilan yang amat sederhana. Anda penasaran dengan tampilan pertama Google di tahun 1998? Gunakan kata kunci Google in 1998 di kotak pencarian, maka Anda akan dibawa untuk nostalgia ke tampilan lawas Google.

Kata kunci “Google in 1998″ ini merupakan salah satu easter egg raksasa mesin pencari tersebut yang akan membawa pengguna pada tampilan Google 15 tahun yang lalu. Ini akan sangat menyenangkan bagi Anda yang pernah menggunakan Google diawal kehadirannya, nostalgia mesin pencari di masa lalu.

Seperti apa tampilan Google di tahun 1998? Tampilan situs mesin pencari ini tampak sederhana dengan logo “Google!” yang masih menggunakan efek dropshadow dan menggunakan tanda seru (!) dibagian belakang kata Google. Search bar Google saat itu berukuran kecil dan menyediakan opsi untuk menampilkan 10,100, dan 300 hasil pencarian.

Selain itu, situs Google in 1998 ini juga tidak menampilkan pelbagai layanan Google lain seperti Gmail, Shopping dan lainnya karena layanan-layanan tersebut belum lahir saat itu. Tampilan lawas Google ini juga belum menampilkan tautan iklan seperti sekarang ini.

Uniknya, tampilan Google pada tahun 1998 ini juga menampilkan tautan ke situs-situs populer saat itu, sebut saja AltaVista, Excite, HotBot, Infoseek, Lycos, Deja, Yahoo!, Amazon, Open Directory, dan eGroups. Ketika tautan tersebut di klik, maka akan ditampilkan snapshot situs tersebut pada Wayback Machine karena sebagian besar situs tersebut tak lagi ada setelah kalah bersaing dengan Google.

Pengguna dapat kembali ke tampilan Google tahun 2013 dengan mengklik tautan Take me back to 2013. Google in 1998 ini adalah easter egg Google yang baru selain “Skew” dan “Do a barrel roll”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda