Scroll to Top

Foto Chairul Tanjung Tunjuk SBY Hanyalah Rekayasa

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 28 Sep 2013

CT tunjuk SBY

Foto Chairul Tanjung (CT) tunjuk SBY yang sempat hebih beberapa hari ini di internet dipastikan rekayasa. Foto ini mulanya beredar di media sosial yang menampilkan CT sedang menunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan jari telunjuk.

Menurut Hotland Sitorus, Ketua Forum Akademisi IT, dilihat sekilas saja jika foto yang ada memang sebuah foto rekayasa. Ini terlihat dari ukuran tangan CT yang sangat tidak porporsional.

“Saya telah melakukan digital image forensic terhadap foto, dan hasilnya memang rekayasa,” katanya pada Liputan 6.

Ia melanjutkan, posisi tangan kiri yang menunjuk ke arah sisi luar kiri, tidak tepat apabila disandingkan dengan posisi badan, terutama arah wajah CT. Foto tersebut, kata dia, dijamin adalah hasil rekayasa, jadi tidak perlu dibesar-besarkan.

“Rekayasa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak open source gd-jpeg v1.0,” lanjutnya.

Yang paling mencurigakan dalam foto tersebut adalah posisi mulut CT yang nampak menganga lebar. Sedangkan di foto original dari Biro Pers Istana Kepresidenan munjukkan posisi yang berlawanan. Mulut CT nampak tertutup rapat.

Di media sosial sendiri sempat heboh soal munculnya foto ini. Banyak pengguna yang menyebut jika CT dalam foto tersebut nampak marah kepada presiden.

Sedangkan foto asli yang ada adalah hasil jepretan Fotografer Istana, H Abror Rizki. Kala itu Presiden SBY sedang meninjau persiapan menjelang penyelenggaraan KTT APEC di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda