Scroll to Top

Tips Merawat Kulit Wajah yang Berminyak

By C Novita / Published on Sunday, 29 Sep 2013

kulit berminyak

Kulit wajah yang berminyak biasanya akrab dengan beberapa masalah seperti jerawat dan kulit kusam. Faktor penyebab kulit wajah seseorang menjadi berminyak adalah perubahan hormon–pada remaja, kehamilan, perubahan kelembaban udara, merokok berlebihan, menopause, dan lainnya.

Untuk tetap membuat kulit berminyak Anda terlihat sehat, cerah dan bersih, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Apa saja? simak berikut ini:

  • Cuci muka. Mencuci muka setidaknya 2 kali sehari akan membantu membersihkan minyak berlebih di kulit wajah. Gunakan air hangat dan sabun wajah yang aman bagi kulit Anda. Namun jangan berlebihan juga, sebab akan menghilangkan pelembab alami kulit Anda.
  • Kosmetik berbahan air. Pilihlah kosmetik yang berbahan air, dan hindari produk kosmetik berbahan minyak. Ini akan membantu mengontrol produksi sebum pada kulit agar tak berlebihan. Hindari juga menggunakan toner yang mengandung alkohol, sebab akan membuat kulit jadi kering dan kasar.
  • Kosmetik bentuk powder. Hindari memilih kosmetik yang berbentuk cair, sebab ia akan menutup pori kulit Anda. Pilih jenis kosmetik yang berbentuk powder atau bubuk.
  • Pengelupasan/exfoliate. Lakukan pengelupasan sel kulit mati secara teratur agar tak menyumbat pori kulit. Bisa dengan menggunakan scrub bahan alami yang tak berefek buruk bagi kulit berminyak Anda.
  • Makanan. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur, serta jus. Tambahkan juga gandum utuh serta protein pada diet Anda untuk mengurangi produksi minyak.
  • Hindari stres. Stres bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal, dan membuat produksi minyak bertambah. Karenanya hindari stres dengan melakukan meditasi atau yoga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda