Scroll to Top

Selamatkan Pulau Bangka, Kaka “Slank” Galang Petisi

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 29 Sep 2013

kaka di bangka

Kaka “Slank” mengajak masyarakat untuk menggalang petisi untuk menyelamatkan alam bawah air di Pulau Bangka. Menurut Kaka, saat ini potensi wisata tersebut sedang terancam. Pasalnya, terdengar kabar perusahaan dari China segera melakukan ekspansi besar-besaran terhadap keberadaan barang tambang yang melimpah di pulau itu.

Adalah PT Mikgro Metal Perdana (MMP) yang rencananya hendak menambang bijih besi secara ilegal. Dikatakan ilegal karena rencana perusahaan tersebut sebenarnya tidak direstui secara hukum. Pasalnya, putusan  hukum dari Pengadilan Tinggi Administratif di Makasar yang diketok Maret 2013 telah membatalkan izin-izin eksplorasi PT MMP. Hanya saja belum ada tindak lanjut untuk eksekusinya.

Selain itu, jika aktivitas penambangan tetap dilakukan maka melanggar UU. No. 27 tahun 2007. Dalam undang-undang menyuratkan larangan untuk melakukan eksploitasi alam di pulau-pulau kecil yang berukuran di bawah 5.000 hektar. Pulau Bangka sendiri memiliki luas 4.700 hektar.

“Hampir 100 persen penduduk melawan rencana penambangan. Mereka fight (semampunya) untuk jangan sampai ada penambangan di Pulau Bangka. Mereka tahu betul lautnya bisa rusak berat, akhirnya penghidupan sebagai nelayan ya hancur. Dan penduduk juga tahu tentang bentuk pulau itu, kalo sampe ditambang, bisa patah dan tenggelam,” tegas Kaka dalam pengantar petisinya.

Keindahan bawah laut Pulau Bangka seindah di Bunaken. Di sana menjadi salah satu tempat berkembang terumbu karang alami. Selain itu soft coral di dalamnya menimbulkan efek warna biru muda di laut. Berbagai jenis fauna laut hidup di sana. Bagi penggemar diving atau snorkling, keindahan bawah laut Pulau Bangka bisa dijadikan tujuan wisata yang memanjakan mata.

Secara khusus, petisi ini ditujukan Kaka untuk Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang dan Bupati Minahasa, Sompie Singa. Mereka adalah pemangku jabatan yang bertanggung jawab secara langsung terhadap kehidupan di Pulau Bangka. Kampanye ini juga dilakukan bersama Greenpeace, change.org, WALHI Friends of the Earth Indonesia, LMND, dan Tunas Hijau.

Jika Anda ingin mendukung petisi penyelamatan Pulau Bangka dari penambangan, bisa memberikan tanda tangan melalui situs Change.org dengan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda