Scroll to Top

Awas Gigi Berlubang Gara-gara Makanan Ini

By C Novita / Published on Sunday, 29 Sep 2013

penyebab gigi berlubang

Gigi berlubang atau bolong biasanya disebabkan karena seseorang mengonsumsi makanan yang memicu erosi enamel gigi. Akibatnya permukaan gigi menjadi tipis dan peka terhadap panas, makanan dingin, manis dan juga asam.

Parahnya, makanan yang beresiko membuat gigi bolong itu adalah makanan yang sering sekali dikonsumsi sebagai penganan sehari-hari.

Dokter gigi kosmetik asal New Delhi, India, Dr Mukul Dabholkar menyebutkan hal tersebut, sekaligus memperingatkan bahwa gigi yang telah bolong tak akan bisa dikembalikan seperti aslinya lagi. Memang dapat ditambal, tetapi tak akan sama seperti gigi asli.

Untuk itu Anda harus membersihkan gigi dengan detail bila usai mengonsumsi jenis makanan yang menyebabkan gigi menjadi bolong tersebut. Apa saja makanan tersebut? Ini diantaranya:

  • Makanan asam. Makanan yang mengandung asam tinggi seperti jeruk, tomat, lemon, atau lainnya ternyata dapat menimbulkan erosi pada enamel gigi. Segera berkumur dengan air putih bila usai mengonsumsi jenis makanan asam tersebut.
  • Permen. Penganan ini sudah terkenal dapat merusak gigi. Gula yang menempel di permukaan gigi adalah biang keladi penyebab gigi dapat menjadi bolong.
  • Minuman. Jenis minuman yang mengandung gula, atau obat yang harus dikunyah, merupakan hal lain yang dapat menempel di permukaan gigi dengan kuat. Berbagai zat yang terkandung dalam keduanya memicu gigi menjadi berlubang. cara minum yang menyeruput juga menyebabkan bisa membuat gula menempel lebih banyak di gigi.
  • Makanan bertepung. Misalnya roti, pasta, burger, dan lainnya sangat lengket di permukaan gigi. pati dari tepung itu bila tak dibersihkan secara sempurna akan membuat permukaan gigi mudah sekali bolong.
  • Buah kering. Buah kering biasanya diberi gula sebagai pengawet. Kandungan gula yang pekat ini sangat berbahaya bagi gigi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda