Scroll to Top

Menikah Membuat Pasien Kanker Lebih Kuat

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 29 Sep 2013

pasien

Pernikahan menjadi salah satu jalan untuk melawan penyakit kanker.  Menurut studi baru dari Universitas Harvard ditemukan, pernikahan dapat memberikan angka harapan hidup yang lebih baik untuk penderita kanker. Mereka mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik dari dorongan  postif pasangannya.

Dikutip She Knows, studi melibatkan keikutsertaan 730 ribu orang pasien kanker dengan 10 jenis kanker berbeda. Mereka diamati selama masa penelitian 2004 hingga 2008.

Hasilnya, pasien kanker yang telah menikah memiliki kemungkinan 20 persen lebih rendah untuk meninggal dibanding pasien yang masih lajang, janda, atau bercerai. Sementara itu, pasien yang teah menikah lebih mungkin untuk memperoleh penanganan deteksi dini kanker dan pengobatan yang efektif.

Dr Ayal Aizer, penulis studi mengatakan, pengaruh pernikahan dengan peningkatan kualitas kesehatan pasien kanker diduga karena dukungan dari pasangannya. Bahkan dikatakannya, pernikahan memberikan menfaat besar dalam penanganan kemoterapi sehingga meningkatkan peluang pasien untuk lebih lama hidup.

” Kami benar-benar terkejut dengan hasil , bagaimana mendalam perbedaan itu, ” kata Aizer yang juga residen kepala program onkologi radiasi Universitas Harvard.

Jika dilihat dari jenis kelamin, pasien pria lebih menuai manfaat dari pernikahan. Pria menikah mendapatkan 23 persen kesehatan yang lebih baik dibanding para pria yang menyendiri dan terkena kanker. Sementara bagi pasien wanita menikah, merasakan 16 persen lebih baik kesehatannya dibanding pasien wanita lain yang menyendiri.

” Dalam hubungan pribadi saya sendiri , istri saya menjadi pendorong utama untuk saya berkunjung ke dokter secara teratur, ” kata Aizer .
Studi ini tidak secara khusus meneliti kualitas pernikahan.  Namun  fokus penelitian melihat pernikahan terhadap  hasil kelangsungan hidup pasien kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda