Scroll to Top

Demi Hidung Baru, Xiaolian Jalani Transplantasi Hidung di Dahi

By C Novita / Published on Sunday, 29 Sep 2013

xiaolian

Sekilas melihat wajah Xiaolian saat ini, mungkin sebagian besar orang akan terkejut. Bagaimana tidak, di dahi pemuda berusia 22 tahun itu tumbuh sebuah hidung! Tentu bukan hal yang wajar bila seorang manusia mempunyai hidung di dahi bukan?

Namun hal tersebut bisa dijelaskan secara medis, sebab hidung yang tumbuh di dahi itu adalah hasil transplantasi jaringan kulit yang dibentuk menyerupai hidung.

Dilansir oleh laman Odditycentral, awalnya Xiaolian mengalami sebuah kecelakaan mobil yang menyebabkan hidungnya terluka. Ia menganggap bahwa luka tersebut tak parah, sehingga mengabaikan dan tidak mengobatinya secara medis.

xiaolian

Akibatnya selama berbulan-bulan kemudian luka tersebut makin parah dan digerogoti oleh bakteri. Hidung Xiaolian pun menjadi rusak hingga menjalar ke tulang rawannya.

Dokter yang menangani pemuda itu pun memutuskan untuk membuang jaringan rusak di hidungnya dan melakukan rekonstruksi dengan membuat sebuah hidung baru bagi Xiaolian.

Sebuah expander jaringan kulit ditanam ke dahinya, dan dibentuk menjadi seperti hidung dengan menanam sebuah tulang rawan yang diambil dari rusuknya. Operasi tersebut dilakukan oleh dokter asal Fujian, China.

Waktu yang dibutuhkan adalah selama 9 bulan untuk usaha penumbuhan jaringan, dan akhirnya berhasil menjadi hidung baru bagi Xiaolian. Dokter mengatakan tinggal menunggu saat yang tepat saja untuk memindahkannya ke posisi hidung yang tepat.

Operasi transplantasi hidung ini bukanlah yang pertama di dunia, sebab teknologi tersebut telah ada belasan tahun yang lalu dan dilakukan oleh ilmuwan Amerika.

Berikut videonya:

http://www.youtube.com/watch?v=hYlgKc9fDn4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda