Scroll to Top

Liga Inggris: Masih Ingat Nasehat Dari Sir Alex, Fans Manchester United?

By Wan Faizal / Published on Sunday, 29 Sep 2013

David.Moyes

Situasi di Old Trafford sedang tak bersahabat. Manchester United kembali menelan kekalahan, kali ini dari tim sekelas West Bromwich Albion. Pihak yang menjadi sasaran jelas manajer David Moyes. Hal itu tergambar dari reaksi fans usai laga yang berakhir dengan kekalahan 1-2 tersebut. Namun sebelum menghujat Moyes lebih lanjut, fans United agaknya harus mengingat kembali nasehat yang pernah diberikan oleh Sir Alex Ferguson.

Fergie yang kini telah pensiun memberi satu wejangan atau amanat khusus pada semua pihak yang mencintai Manchester United tepat di laga terakhirnya di Old Trafford musim lalu saat melawan Swansea City.

Fergie menyampaikan banyak hal kala itu. Dan salah satunya adalah agar fans tetap mendukung David Moyes terlepas dari hasil yang diraih Moyes pada awal masa kepemimpinannya.

“Saya ingin mengingatkan kalian semua bahwa saya juga pernah memiliki waktu yang buruk disini. Tapi klub tetap berdiri di belakang saya, para staf tetap berdiri di belakang saya, dan para pemain juga tetap berdiri di belakang saya. Sekarang tugas kalian semua adalah tetap berdiri dan mendukung manajer baru kita. Itu adalah hal yang penting,” ujar Fergie pada Mei lalu.

Fergie
Pidato Fergie di Old Trafford pasca pertandingan MU vs Swansea, 12 Mei 2013

Dan sekarang, kesetiaan dan kata sepakat yang diberikan fans setelah mendengar ucapan Fergie itu akan ditagih kala Moyes ternyata mengalami banyak kesulitan di awal rezimnya di Old Trafford.

Dari enam pertandingan, Moyes hanya bisa membawa United menang dua kali, seri sekali, dan kalah tiga kali. Lini belakang cukup keropos dengan jumlah kebobolan delapan gol dari enam laga. Menempatkan United di posisi 12 klasemen sementara hingga saat ini.

Wujud kekecewaan fans jelas terlihat sejak United dikalahkan secara telak oleh Manchester City pekan lalu. Moyes dianggap tak pantas menggantikan manajer sekelas Fergie. Siulan semakin membahana kala secara mengejutkan United kembali takluk sepekan kemudian dari West Bromwich.

Agaknya fans United harus berkaca pada fakta bahwa Fergie pun juga mengalami masa suram ketika pertama kali mengambil jabatan manajer The Red Devils. Fergie tercatat mulai menangani United pada 1986, namun baru bisa meraih trofi pertamanya (FA Cup) pada musim 1989-1990. Sementara gelar liga pertama diraih Fergie pada tahun 1992-1993.

Well, semua butuh proses, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda