Scroll to Top

Kemampuan Akademis Kurang Penting untuk Anak Usia Dini

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 29 Sep 2013

anak

Bagi anak-anak di usia dini, mengasah kemampuan sosial mereka jauh lebih penting dibanding memberondongnya dengan berbagi keilmuan akademik  ketika mengawali bersekolah. Menurut studi yang dilakukan lembaga Pacey, memaksakan anak untuk belajar akademis di usia dini hanya akan menghambatnya untuk memperoleh keberhasilan. Demikian dikutip BBC.

Usia dini lebih dekat pada anak-anak yang memiliki usia masih di bawah lima tahun. Mereka kerap disekolahkan di kelompok bermain, taman kanak-kanak, hingga di tahun awal menjalani aktivitas sekolah dasar. Pada kelompok usia ini, anak-anak lebih cocok dimasukkan dalam tahapan “siap bersekolah”.

Definisi “siap bersekolah” ini yang dikaji faktor-faktornya. Untuk memeroleh jawabannya, peneliti melibatkan 1.474 orang tua, 500 pekerja di penitipan anak, dan 160 guru. Mereka ditanyai tentang kemampuan dan kualitas yang diperlukan anak usia dini saat bersiap memasuki pendidikan di sekolah.

Hasilnya, 75 persen responden mengatakan modal dasar untuk bersekolah adalah kepercayaan diri tanpa ditemani orang tua saat mereka berada di sekolah. Selanjutnya, anak-anak perlu memiliki kemampuan sosial yang kuat dalam melakukan interaksi bersama teman mereka dan orang dewasa yang ada di sekitarnya.

Sebaliknya, kemampuan akademis dianggap kurang penting. Hanya ada 26 persen dari total responden dan 4 persen guru di dalamnya, yang menganggap kemampuan akademis penting bagi anak usia dini. Kemampuan ini meliputi membaca, menulis, dan berhitung.

“Tidak ada satupun orang yang membantah bahwa mendukung anak-anak mencapai potensi mereka adalah penting. Pacey mengkhawatirkan pencapaian akademis menjadi kekuatan dominan dalam pendidikan usia dini,” kata Liz Bayram, kepala eksekutif Pacey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda