Scroll to Top

Arema vs CCM 2-1: Hasil Final Menpora Cup 2013

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 29 Sep 2013

Arema vs Central Coast Mariners

Dua gol penalti Keith Kayamba Gumbs memastikan hasil pertandingan Arema vs CCM (Central Coast Mariners) berujung dengan skor 2-1. Dengan kemenangan di partai final ini, Singo Edan resmi menjadi juara Menpora Cup 2013. Sebuah ‘pembalasan’ dan catatan penuh sejarah dari klub Liga Indonesia karena sebelumnya CCM tak bisa ditaklukkan oleh Persib dan Sriwijaya FC.

Tampil di depan pendukung sendiri, Arema Cronous tak gentar menghadapi Central Coast Mariners. Sang tamu, yang di babak penyisihan grup bisa menyingkirkan Persib, Sriwijaya FC, dan Malaysia U-23, cuma menyisakan 12 pemain. CCM harus membagi tim untuk bertempur dalam laga persahabatan melawan Newcastle Jets, tim dari Selandia Baru.

Sepanjang babak pertama, Singo Edan tampil agresif. Mereka memberi ujian bagi lini belakang wakil Australia, dan menebar ancaman untuk kiper Justin Pasfield. Tercatat, ada setidaknya empat kesempatan yang dimiliki Greg Nwokolo hingga Thierry Gathuesi untuk membuka keunggulan.

CCM bukannya tak berpeluang. Dari tiga kemugkinan, ada kesempatan Marcos Flores yang lolos dari hadangan Victor Igbonefo, dan berduel dengan Ahmad Kurniawan di menit 36. Namun, sapuan sang kiper mampu meredam peluang tim tamu.

Arema mendapatkan kesempatan emas ketika Greg dianggap dijatuhkan oleh John Hutchinson di menit 40. Wasit menunjuk titik putih. Keith Kayamba Gumbs yang mengeksekusi tendangan penalti, sukses melesakkan bola ke sudut atas gawang. Namun, itu hanya sesaat. Lima menit kemudian, Marcos Flores mengobrak-abrik kotak penalti Arema dan menaklukkan Ahmad Kurniawan dari jarak dekat.

Menpora Cup 2013

Arema vs Central Coast Mariners 1
Arema Saat Melawan Loyola Meralco di Penyisihan Grup

Babak kedua, tekanan Arema tetap tidak berhenti.  Lalu, menit 55 Jon Hutchinson kembali bernasib sial. Ia dianggap menyentuh bola dengan tangan. Meski para pemain CCM melakukan protes panjang, wasit tetap pada keputusan. Keith Kayamba Gumbs kembali sukses sebagai algojo. Kali ini mengecoh Pasfield.

Setelah Christian Gonzales gagal memperlebar jarak, pertandingan sempat terhenti beberapa saat oleh asap flare. Keriuhan Aremania terus berlanjut hingga peluit akhir berbunyi. Meskipun wakil Australia berusaha semaksimal mungkin, sejarah Arema tetap terukir. Mereka tim pertama yang menjadi juara Menpora Cup. Salut!

Foto: ongisnade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda