Scroll to Top

Hal yang Tidak Perlu Dibahas dengan Rekan Kerja

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 29 Sep 2013

gosip

Hubungan dengan rekan kerja kerapkali berujung menjadi teman yang dekat. Tidak heran bila persoalan pribadi diri sendiri dan orang lain menjadi bahan obrolan di sela bekerja. Tahukah Anda, tidak semua hal harus dibicarakan bersama. Dikutip dari Times of India, ada beberapa hal yang tidak perlu dibahas dengan rekan kerja:

  1. Kehidupan seksual pribadi. Mengobrol dengan rekan kerja terkait kehidupan seksual rekan Anda lainnya bisa menjadi bumerang. Sebab, Anda sebenarnya telah melakukan pelecehan seksual secara verbal.  Termasuk, Anda tidak perlu mengumbarkan cerita seks Anda dengan pasangan.
  2. Melakukan fitnah terhadap seseorang. Bagaimana pun juga melakukan kebohongan dengan mengatasnamakan orang lain adalah perbuatan tercela. Jika Anda misalnya tidak menyukai rekan kerja atau suatu kelompok di tempat kerja, tidak seharusnya Anda menfitnah mereka. Tindakan tersebut bisa membawa nama buruk bagi Anda dan pihak-pihak yang terfitnah.
  3. Menggosip di tempat kerja. Bergosip di tempat kerja biasanya ditemui pada orang yang perlu dipertanyakan produktivitas kerjanya. Seringkali gosip muncul dari rasa iri yang kemudian berlanjut untuk membunuh karakter orang yang digosipkan.
  4. Menceritakan kesalahan terbesar. Jangan ceritakan kesalahan terbesar yang pernah Anda lakukan di hadapan rekan kerja. Sekali pun mereka sudah sangat Anda percaya, namun informasi tersebut bisa menyebar sewaktu-waktu.
  5. Gegabah dalam merespons kemarahan rekan kerja. Berikan respons yang tepat saat rekan kerja ada yang marah terhadap Anda. Sebab, jika kemarahan itu terus menerus dipelihara, bisa menimbulkan efek “menjegal” dalam pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda