Scroll to Top

BBM for Android Tak Kunjung Dirilis, Pengguna Pindah ke Aplikasi Lain

By Ibnu Azis / Published on Monday, 30 Sep 2013

BBM Android

BBM for Android hingga hari ini tak kunjung dirilis. Pelbagai alasan Blackberry yang urung meluncurkan Blackberry Messenger lintas platform buat pengguna gerah. Imbasnya, mereka siap saja untuk pindah ke aplikasi lain.

Jumlah pengguna BBM ‘resmi’ di Blackberry sekitar 60 juta pengguna. Angka tersebut memang cukup tinggi. Namun bila dibandingkan dengan jumlah pengguna aplikasi pesan instan lain tidaklah cukup tinggi.

Kik Messenger misalnya, aplikasi ini miliki 80 juta pengguna. Jika dibandingkan dengan aplikasi pesan instan populer lain, WhatsApp, bahkan telah menyentuh 300 juta pengguna. LINE, WeChat, dan KakaoTalk juga miliki jumlah pengguna hingga ratusan.

Ini berarti bisa disimpulkan jika pengguna seakan berfikir tak masalah jika memang BBM jadi atau tidak dirilis. Sebab, aplikasi pesan instan lain juga tak kalah menggoda. Antusiasme yang ada selama ini hanyalah buah dari rasa penasaran dan keingintahuan saja.

Terkini, ChatON, aplikasi pesan instan besutan Samsung juga mampu menembus angka 100 juta pengguna. Bahkan aplikasi ini digunakan di 237 negara dengan ketersediaan 63 bahasa. Ini semakin menasbihkan jika meski pesona BBM masih tinggi dan kemungkinan pengguna memilih aplikasi lain juga cukup besar.

Nama-nama tenar macam WhatsApp, LINE, WeChat, KakaoTalk, dan ChatON bukan hanya sekadar hadir untuk meramaikan jagat aplikasi pesan instan. Mereka juga tawarkan pelabgai fitur-fitur unggulan yang tak kalah gahar dengan BBM.

Jika menilik ke belakang, kehadiran WhatsApp misalnya, untuk menjembatani pengguna BB ke platform lain. Dan aplikasi tersebut berhasil. Pengguna Blackberry tetap bisa terhubung dengan pengguna Android dan iOS. Itulah mengapa mereka mampu meraup ratusan juta pengguna.

Bisa dikatakan, keeksklusifan BBM yang hanya di Blackberry seakan jadi bumerang. Tatkala mereka berjanji merilis BBM lintas platform namun tak kunjung diluncurkan, pengguna juga seakan adem ayem.

Toh masih banyak aplikasi lain yang mampu berikan fitur serupa. Lagi pula, tanpa BBM lintas platform pun pengguna tetap bisa terhubung dengan pengguna lain yang gunakan Blackberry. Jadi, jangan salahkan pengguna jika mereka siap – atau bahkan sudah – pindah ke aplikasi lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda