Scroll to Top

Tak Hanya untuk Memasak, Microwave Bisa Jadi Charger Ponsel

By Ibnu Azis / Published on Monday, 30 Sep 2013

Microwave

Penggunaan microvawe umumnya untuk kebutuhan dapur saja. Bagian dari aktivitas memasak juga untuk memanaskan makanan. Namun, peneliti dari Universitas Tokyo lakukan sebuah riset yang memungkinkan alat ini untuk hasilkan tenaga guna mengisi daya ponsel (charger).

Sebuah microwave menurut insiyur Jepang Yoshihiro Kawahara membuang energi gelombang mikro yang sejatinya bisa ‘dipanen’. Ketika microwave ini menyala maka alat tersebut kehilangan energi yang seharusnya bisa dimanfaatkan.

Lantas bagaimana cara kerjanya? Sebuah alat ‘pemanen’ energi yang berwujud sebuah antena mengambil energi tersebut dan disalurkan ke perangkat lain. Namun penggunaan microwave pun sejatinya miliki aturan ketat. Peraturan federal membatasi jumlah energi yang diperbolehkan untuk bocor dari microwave.

Kawahara sendiri membuktikan jika menjalankan microwave dua menit saja mampu hasilkan energi yang cukup besar. Energi yang dihasilkan mampu untuk menghidupkan perangkat berdaya listrik rendah macam senter, alarm, atau peralatan dapur lain.

Insinyur Jepang itu miliki ide semacam ini dari NASA. Para ilmuwan di Badan Antariksa Amerika Serikat itu lakukan percobaan serupa dengan ‘memanen’ energi terbuang dari matahari. Tujuannya, untuk menangkap kelebihan energi matahari yang kemudian dipancarkan ke Bumi dalam bentuk gelombang radio.

Jika penelitian yang dilakukan Yoshihiro Kawahara benar-benar berhasil, mungkin tak hanya sebagai pengisi daya ponsel saja. Microwave juga mampu diposisikan sebagai pengganti daya peralatan listik berdaya rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda