Scroll to Top

1 dari 2 Netizen Menelusuri Informasi Dirinya Sendiri di Internet

By Ibnu Azis / Published on Monday, 30 Sep 2013

Google

Menurut studi terbaru, 56 persen pengguna internet di muka Bumi punya kecenderungan narsisme. Sebab, 1 dari 2 netizen kerap menelusuri informasi dirinya sendiri di Google.

Data tersebut menurut perusahaan penelitian Pew Research Center. Mereka mencatat jika angka yang ada bahkan meningkat tajam sejak penelitian serupa dimulai.

Prosentase yang ada pada tahun ini mencapai 56%. Sedangkankan jumlah tersebut adalah dua kali lipat presentase yang ada pada tahun 2001 lalu.

Pada tahun 2001, Pew Research Center hanya mencatat sekitar 22 persen netizen yang menelusuri informasi dirinya sendiri. Mereka umumnya mengetik namanya di mesin pencarian Google.

Lantas apa tujuan dari netizen lakukan itu? Apakah sekadar ingin tahu tentang informasi dirinya sendiri yang mungkin tidak diketahuinya, atau mungkin ada alasan lain?

Maty Madden, pemimpin dari proyek Pew Research Center berujar jika apa yang dilakukan pengguna bahkan terkesan sombong. Mereka lakukan itu guna ingin mengetahui seberapa populer mereka.

Namun ada alasan lain mengapa mereka lakukan itu. Netizen ingin mengetahui bagaimana rekam jejak mereka, semacam catatan yang ada dan yang tertulis di internet.

Ia juga menambahkan jika saat ini catatan online pengguna sangat penting. Sebab, perusahaan menggunakan mesin pencari untuk mengetahui latar belakang calon karyawan.

Ini berarti pengguna mau tak mau harus membangun reputasi online, sebuah hal yang dirasa cukup penting di era digital. Jika Google tak miliki cukup data untuk ditampilkan, maka reputasi pengguna pun otomatis akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda