Scroll to Top

Pohon Ajaib, Satu Tanaman Punya 250 Varietas Buah Apel

By Ibnu Azis / Published on Monday, 30 Sep 2013

Paul Barnett 1

Pohon apel milik Paul Barnett bisa disebut sebagai ‘pohon ajaib’. Sebab, pohon ini di satu tanaman saja punya 250 varietas buah apel sekaligus.

Ia membutuhkan 24 tahun untuk mengembangkan pohon tersebut. Kini pohonnya yang menjulang tinggi ini subur tertanam di kebun belakang miliknya di Chidham.

Paul Barnett asal Chichester, West Sussex, Inggris adalah seorang ahli hortikultura. Dari 250 varietas aple tersebut ada yang berjenis apel langka dan tidak dijumpai di pasaran.

Sebut saja ada Withington Fillbasket yang dibudidayakan pada tahun 1883 serta Eady Magnum yang cukup populer pada tahun 1908. Mulanya, pria berusia 40 tahun itu berkebun di tanah beberapa hektar dengan 90 varietas pohon apel.

Paul Barnett 1

Dari seluruh varietas pohon apel koleksinya, Paul Barnett menfavoritkan Winter Gem. Menurutnya apel kesukaannya itu miliki rasa yang unik dan lain daripada biasanya.

“Apel favoritku adalah Winter Gem, miliki rasa yang renyah, garing, serta manis,” ujarnya.

Apa yang dilakukannya tak hanya sekadar menanam namun juga melestarikan. Sebab, menurut Paul ada beberapa varietas buah apel yang telah hilang dari waktu ke waktu. Itu terjadi akibat ulah manusia sebut saja akibat pestisida dan pemanasan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda