Scroll to Top

20-35 Tahun adalah Usia Terbaik untuk Hamil

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Sep 2011

Sebaiknya manfaatkan usia produktif sebaik mungkin untuk segera menikah dan merencanakan kehamilan jika Anda menginginkan keturunan. Karena, di usia inilah calon bayi terbilang dalam masa aman dalam proses pembentukannya. Kualitas kesuburan juga sedang dalam kondisi puncak.

Usia ideal untuk wanita hamil adalah 20-35 tahun. Usia tersebut cukup aman untuk melahirkan. Kesuburan wanita yang usianya melebihi 35 tahun mulai menurun. Turunnya kesuburan ini mempengaruhi perkembangan janin.

“Bisa mengakibatkan resiko cacat pada anak,” ujar dr. Boy Abidin SpOG, spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, seperti dikutip Republika.

Di sisi lain, wanita yang hamil di usia paruh baya memiliki risiko mengalami diabetes gestational, tensi tinggi, masalah kandung kemih, dan sebagainya. Usia tua juga menjadi sebab munculnya risiko keguguran, melahirkan dengan jalan cesar, atau janin terkena down syndrome. Down syndrome adalah cacat pada bayi yang diakibatkan adanya kelainan kromosom dan berkaitan langsung dengan usia.

Yang pasti, pada umur berapa pun Anda hamil, selalu konsultasikan perkembangan kehamilan dengan dokter kandungan atau bidan. Jagalah janin dengan baik dan hindari berbagai penyebab yang bisa menimbulkan resiko apapun buat janin dan diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda