Scroll to Top

Tips Menjaga AC Mobil Lebih Awet

By Ilham Choirul / Published on Monday, 30 Sep 2013

AC_Panel

Keberadaan pendingin udara atau AC di berbagai mobil keluaran baru, sudah bukan fitur asing lagi. AC seperti sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari paket pembelian. Alat ini sangat membantu terutama saat berkendara di siang hari yang cukup terik. Selain itu, di kawasan kota besar yang rawan macet, AC membantu mengurangi udara berpolusi ikut masuk ke dalam kabin. Jendela mobil tidak perlu dibuka dan angin segar memenuhi ruangan.

Namun, AC juga perlu dirawat apabila Anda selalu menginginkan fungsinya berjalan sempurna dalam mengatur kelembabab udara. Dikutip dari Antara, berikut ini tiga tips untuk perawatan AC agar selalu berfungsi prima:

  1. Hindari untuk membuka jendela selama AC aktif sebab kerjanya mendinginkan udara menjadi lebih berat. Untuk menjaga kesegaran udara, hindari pula untuk merokok di dalam mobil yang AC-nya sedang dinyalakan.
  2. Apabila Anda menemukan air menetes dari selang atau kisi-kisi AC, sebaiknya segera lakukan pengecekan ke bengkel terdekat. Mungkin ada kebocoran atau hal lain yang perlu diatasi.
  3. Jika udara AC sudah tidak terasa dingin lagi, sudah waktunya Anda melakukan perawatan rutin terhadap AC mobil. Bisa jadi keadaan AC cukup kotor atau memerlukan penambahan gas. Disarankan untuk melakukan perawatan AC mobil secara rutin setiap enam bulan sekali.

Perlakukan AC sama halnya mesin mobil Anda jika ingin tahan lama. Bagaimana pun juga AC juga memiliki umur ekonomis sehingga perlu diganti bila fungsinya tidak normal lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda