Scroll to Top

David Moyes Harusnya Turuti Saran Sir Alex Ferguson

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 01 Oct 2013

Moyes-Round-Lumsden-Neville

Awal yang buruk harus dicapai David Moyes dalam masa awal kepelatihannya di Manchester United. Hal itu harusnya bisa dihindari jika saja Moyes mau mendengarkan dan menuruti saran yang diberikan oleh Sir Alex Ferguson. Demikian penuturan dari Eric Steele, mantan pelatih kiper United.

Seperti diceritakan Steele, Fergie sempat memberi beberapa wejangan pada Moyes agar eks manajer Everton itu tak mengalami banyak kesulitan di United. Salah satunya adalah agar Moyes mau mempertahankan para staf pelatih yang bekerja dibawah Fergie. Selain Steele, ada juga Mike Phelan sebagai asisten manajer dan Rene Meulensteen sebagai pelatih utama.

 “Kala itu Sir Alex menasehati David, ‘Pertahankan apa yang sudah kita punya, lanjutkan itu semua, bekerjalah dengan mereka dan mereka akan membimbingmu. Kamu bekerjasama dengan orang-orang hebat disini’,” ujar Steele seperti menirukan Fergie.

Namun Moyes ternyata hanya mendengarkan saja, tapi tidak melakukannya. Terbukti ia membawa orang-orang baru seperti Steve Round (asisten manajer), Chris Woods (pelatih kiper), Jimmy Lumsden (pelatih utama), dan Phil Neville (pelatih).

Phelan-Fergie-Rene

“David hanya mendengarkan saran dari Fergie, namun ia tetap ingin membawa orang-orangnya sendiri. Saya sebenarnya tak ingin pergi dari sini. Tapi kenapa saya harus bertahan jika saya sudah tahu kalau saya tidak dibutuhkan?”

Dibawah asuhan Moyes dan para asistennya, United terbukti kesulitan menemukan mental juaranya di awal musim ini. Tiga kekalahan dari enam laga perdana membuat mereka terperosok ke posisi 12 klasemen sementara saat ini.

Mungkin ini semua tak akan terjadi andai Moyes mau mendengar saran Fergie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda