Scroll to Top

Kudunyahoo Digugat Yahoo!, Diduga Miliki Kemiripan Nama

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 01 Oct 2013

Kudunyahoo

Bagai David vs Goliath, itulah perumpamaan untuk menggambarkan perseteruan antara Kudunyahoo vs Yahoo!. Bagaimana tidak, Yahoo! menggugat situs lokal Kudunyahoo.com untuk segera mengganti namanya. Raksasa internet itu beralasan jika situs penyedia informasi kuliner, hotel, dan wisata di Indonesia itu miliki kemiripan nama.

Kudunyahoo sendiri menurut Hady Hidayat pemjilik situs tersebut berasal dari Bahasa Sunda ‘kudu nyahoo’ atau yang bermakna ‘harus tahu’ atau ‘penting untuk diketahui’. Yahoo! sendiri dari perwakilan di Indonesia telah mengirimkan surat peringatan kepada pemilik situs.

Berdasarkan surat dari Daru Lukiantono/Primastuti Purnamasari (kuasa hukum), segala apa pun yang menyerupai kemiripan dengan nama Yahoo! tidak boleh digunakan. Ini termasuk merek dagang atau pun nama.

Kudunyahoo sendiri menurut Hady Hidayat tak ada niatan untuk menyamai situs Yahoo!. Mereka hanya ingin memperkenalkan tata Bahasa Sunda jadi sesuatu yang bermakna di masyarakat dan dunia.

Pihak Yahoo! sendiri tidak mempermasalahkan hal lain di situs Kudunyahoo kecuali namanya. Pasalnya, nama ‘Kudunyahoo’ berasal dari dua suku kata, ‘kudu’ dan ‘nyaho’. Namun ada penambahan huruf ‘o’ di belakang ‘yaho’. Seperti di kata ‘haloo’.

Assa Haq, salah satu pendiri situs tersebut mengaku sama sekali tak miliki niatan untuk membuat kemiripan nama situsnya dengan raksasa internet itu. Sedangkan Yahoo! miliki empat tuntutan yang harus segera diselesaikan oleh situs Kudunyahoo.

Tuntutan-tuntutan tersebut yakni segera mengganti nama domain (Kudunyahoo.com jadi Kudunyaho.com), segera mengganti nama situs (Kudu Nyahoo jadi Kudu Nyaho), berjanji di masa depan tak lagi gunakan merek dagang Yahoo!, dan menyatakan pehaman serta persetujuan dengan menandatangan surat pernyataan terlampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda